02/11/20

Hal Unek - unek dalam Covid - 19

                   Kebiasaan adalah suatu perilaku dimana seseorang menerapkan sesuatunya dengan tindakan, bahkan tidak melakukan apapun bisa disebut dengan kebiasaan, dalam waktu yang terus - menerus. Seperti kebiasaan melamun, meski tidak melakukan apa - apa, melamun masuk ke daftar perilaku yang tidak sepantasnya dilakukan. Tetapi akal pikiran yang menjadi kelakuan di dalam wujudnya yang bisa dilihat, terlihat hampa dan tidak enak dilihatnya.



                    Meski tidak enak dipandang, perilaku melamun, menjadi kebiasaan yang kurang pantas, dan dicontoh oleh orang banyak, apabila dilakukan setiap hari atau terus -menerus. Hal negatifnya, seseorang akan mengalami kesurupan, depresi, stres, dan tidak normal dalam akibatnya. Dan merupakan hal yang merepotkan bagi orang lain, apalagi bisa menular dan tidak dapat disembuhkan.



Hal Unek - unek  dalam Covid - 19


                      Contoh yang paling normal yang dilakukan oleh setiap manusia dimanapun adalah, makan dan minum setiap hari, menjadi hal kebiasaan yang wajar dan tidak berlebihan. Apalagi makan dan minum berlebihan selama 5 kali seharipun dianggap kebiasaan yang kurang wajar. Dampaknya seseorang akan mengalami obesitas, kegemukkan dan bahkan menderita darah tinggi. 



                       Menuai kebiasaan seperti diatas, yang sepatutnya dicontoh adalah mungkin, seperti dibawah ini, yang akan dijelaskan, mengenai kebiasaan dirumah dalam masa pandemi. Kontranya adalah dimana sesaat seseorang mengalami hal yang kurang nyaman didalam rumah, ternyata dapat diatasi dengan hal berkebiasaan yang berguna tanpa jalinan dengan orang disekitar. Yaitu berikut :



1. Mandi dimalam hari



                         Kebiasaan manusia sudah menjadi takdir setiap orang, apalagi seseorang akan merasa bersih dan segar, setelah melakukan hal kebiasaan tersebut. Mandi dalam sehari, selama 3 kali, menjadi kebiasaan normal dan biasanya dilakukan di pagi hari, siang hari, dan malam harinya. Tetapi dalam masa pandemi, dalam kebiasaan mandi, cukup dilakukan satu kali yaitu dimalam harinya. Jadi di pagi harinya hanya cuci muka dan siang harinya juga sama. Meski terbilang aneh, mandi di malam hari, membuat badan terasa kantuk dan nyaman, apalagi disaat setelah melakukan aktivitas atau kegiatan di pagi sampai sore harinya.



2. Diet makan tetap minum



                        Diet makan dimaksudkan terhadap pengurangan mengonsumsi makanan diantara jam pagi sampai sore hari. Dan setelah itu , makanlah di waktu malam harinya. Meski terdengar mirip berpuasa, dalam kadar tersebut, diet makan sampai malam dapat mengurangi diabetes, dan kolesterol. Apabila merasa tidak kuat, minum air sebanyak mungkin, dapat menyebabkan kekenyangan dan tidak ingin makan. Bisa digantikan dengan hanya meminum susu dan meminum air berserat tinggi, seperti jus buah saja. 



3. Membersihkan ruangan setiap 3 kali dalam seminggu



                         Dalam masa pandemi, kadar virus ternyata membuat ruangan menjadi serba berdebu dan tidak bersih. Salah satu caranya adalah membersihkan ruangan setiap 3 kali dalam seminggu, karena ruangan dalam masa hari tersebut sudah dikatakan virus akan mati dan tidak akan tumbuh. Meski tidak rutin, bisa di tambahkan dengan membersihkan ruangan dengan semprotan buatan, dengan bahannya seperti, cairan pembersih kaca, cairan pembersih lantai, dan tidak lupa air biasa secukupnya. Dalam pembuatannya, hanya dicampur menjadi satu dengan kadar sesuai keinginan. 



Baca Juga  :  Bicara "Humidifier", apaan tuh?



4. Bercengkrama via video call



                          Jarang bertemu dengan orang seakan tidak membuat semuanya sulit, cukup dengan via video call saja, seorang mampu berinteraksi tanpa berjumpa langsung. Dengan menggunakan handphone saja, aplikasi yang dibuat, diinstal, dan dapat diterapkan, bisa dipasang tanpa harus dengan ketentuan apapun. Meski caranya bisa ditemukan diberbagai internet, dan tinggal menerapkannya dengan mudah. Dipasang di gadget laptop juga terdapat penyediaan tentang adanya fitur video call juga. Dan caranya juga sama, dan bahkan bisa dibaca pada bagian artikel di halaman ini, Bigo dicetuskan dalam perangkat komputer.



5. Memelihara tanaman hias dan berternak hewan



                        Memelihara tanaman hias, seakan menjadi pengalihan kebosanan didalam rumah. Hal yang tidak mudah sebenarnya, tapi apabila dilakukan dengan kepuasan sendiri maka mampu dapat mengobati mata dengan pancaran keindahan yang dibuatnya. Dengan itu, sekaligus merupakan kebiasaan yang tidak membuang waktu, bisa dikatakan sambilan dalam mendapatkan keuntungan kembali dalam arti dijual kembali. Bahkan berternak hewan ternakpun bisa menjadi alternatif, karena bisa dilakukan di lahan sendiri (kalau ada lahan kosong), sekaligus juga bisa menjadi sumber mata pencaharian ketika terjadi masa pandemi yang mengharuskan di rumah saja.



9 komentar:

  1. Wahh ada kebiasaan saya tu salah satunya...

    BalasHapus
  2. kebiasaan saya melamun kalau dompet lagi mepet☺☺ salam kenal mad

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,saya jga...salam kenal juga

      Hapus
  3. kebiasaan saya melamun kalau dompet lagi mepet☺☺ salam kenal mad

    BalasHapus
  4. apa ya, masih menjadi perdebatan, Mandi malam katanya nggak baik untuk kesehatan, begitu juga makan malam.

    Saya bingung, tapi kadang-kadang melakukan 2 hal di atas juga. Emang seger klo mandi malam, tapi ya biasanya masak air panas dulu. Jaid mandinya air hangat.

    Btw kesimpulan dari adanya covid, dia telah mengubah pola hidup, atau pola kebiasaan kita sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mandi di malam hari,,baik buat kesehatan klo dengan air dingin sihh..Sbenarnya tergantung orangnya model bagaimana..Termasuk juga menjadi kebiasaan orang barat juga kalo mandi di malam hari...
      Klo ngubah hdup sebenarnya diubah dari diri kita aja, toh lebih bebas dan tidak menyangkut masalah covid...

      Hapus
  5. sama banget sejak covid mewabah jadi rajib bersih2 minimal seminggu 3x bahkan klo bisa setiap hari klo gk lagi males dan capek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi berdebu gak terduga pas covid,,makanya dibiasakan buat rajinn..semangat kak :)

      Hapus