12/05/20

Sendiri belajar musik alias Otodidak

                     Musik merupakan hal yang penting bagi beberapa sebagian orang. Musik bisa diciptakan dan dibuat oleh orang lain atau dari diri sendiri yang membuatnya. Musik mempunyai melodi, nada dan rhythm yang saling berkaitan satu sama lain. Musik di bangun dengan jenis instrumen dan vokal, bisa dimainkan secara solo atau berbarengan yang dibentuk dengan format kelompok. Dari tingkatan dan tarafnya musik bisa membuat sarana belajar yang berdampingan atau hanya sendiri yang biasa orang sebut dengan sebutan "otodidak".


                      Musik berpengaruh dengan beberapa hal yang berkhasanah tulisan berupa syair (melodi) dan rhythm (alat instrumental). Tulisan musik mempunyai banyak bentuk mulai dari notasi angka dan notasi balok. Ragam jenis musiknya sangat bervariasi mulai dari jenis musik klasik, sampai musik modern. Musik yang paling terkenal di jaman sekarang terkadang lebih mendominasi di dalam musik modern. Kaitan di dalam belajar musik juga pastinya harus berawal dari belajar musik secara musik klasik atau musik tradisional (kuno).


ardywidyak.blogspot.com


                             Belajar musik dengan tahapan tersebut, membutuhkan beberapa proses yang sangat mendukung dari awal sampai akhir. Fungsionalnya sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak dan membangun psikomotorik yang berhubungan dengan gerakan tubuh saat bermain alat musik, bahkan hanya menyanyikan saja dengan suara dari organ manusia atau dengan bervokal. Musik dapat belajar dari sekolah musik khusus, kursus atau les privat yang menyediakan belajar musik dengan beberapa pembelajaran khusus.


                     Sedangkan musik disini bisa dikatakan tak perlu untuk mengikuti beberapa pembelajaran khusus di sarana sekolah, kursus atau les privat saja. Tetapi bisa di terapkan di dalam rumah atau di tempat yang bisa dijadikan sumber belajar untuk bermain musik secara otodidak. Yaitu caranya sebagai berikut :


1. Pilihlah alat instrumen musik yang paling cocok atau disukai di dalam hal pembelajaran musik secara otodidak


ardywidyak.blogspot.com


                                Alat instrumen musik disini ada beberapa jenis instrumen, mulai dari alat musik instrumen gesek (biola,cello,contra bass, rebab), alat musik instrumen pukul (drum, timpani, marimba, xylophone, bell lyra, piano, keyboard, electone), alat musik instrumen tiup (saxophone, trompet, horn, clarinet, flute, basson, trombone, mellophone, tuba, piccolo), alat musik instrumen petik (gitar, harpa, sitar, koto, shamisen, bass). Atau kalau tidak mempunyai tentang hal alat musik instrumen seperti diatas bisa mengambil hal khusus seperti olah vokal. Dari beberapa jenis alat musik instrumen di atas, pilihlah dari beberapa hal instrumen atau hal lain yang mungkin cocok dan di sukai terlebih dahulu dan belajarlah secara intensif agar hasil akhirnya bisa di rasa sangat nyaman.


2. Carilah tempat yang sunyi dan tenang, atau di kamar tidur yang sudah di beri beberapa sekat atau peredam suara.


ardywidyak.blogspot.com


                              Instrumen musik yang sudah dipilih dari beberapa contoh seperti diatas, misal alat instrumen musik piano, kemudian persiapkan beberapa tempat, dengan ukuran yang pas dengan ruangan atau kamar yang sudah di siapkan. Ruangan dan kamar yang dipakai untuk belajar musik tersebut, mempengaruh siklus mood yang sedang terjadi didalam hal itu, terutama beberapa sekat dan jangan posisikan alat instrumen berada ditempatkan yang kadar suhunya yang sangat lembab. Karena akan mengurangi bahan instrumen yang dapat merubah bentuk suaranya secara otomatis.


- Untuk bermain instrumen Piano = Posisikan badan atau tubuh sejajar dan seimbang dengan instrumen yang akan di pelajari. Gunakan tempat duduk yang pas dengan lingkar perut, dan menekuk kaki ke dalam slot tuts di bawahnya. Usahakan lemaskan pergelangan tangan ketika bermain instrumen piano.


- Untuk bermain instrumen Gitar klasik dan Guitar/Bass elektrik = Persiapkan footstool, letakkan dan posisikan di sebelah kiri, kemudian angkat kaki kiri dan tadah di atas footstool tersebut. Usahakan dalam bermain gitar klasik dalam jari - jemarinya pada bagian jempol tangan kiri, jangan sampai kelihatan ketika bermain lagu klasik. Sedangkan cara posisi di dalam bermain instrumen gitar elektrik, persiapkan strep atau ikat tali penyangga badan dengan instrumen gitar elektrik apabila dalam posisi berdiri. 


- Untuk bermain instrumen musik drum, posisikan badan tegap dan sejajar dengan perut juga, dan sesuaikan dengan panjang tangan yang dijangkau dan seimbang. Usahakan kaki melayang dan hanya menekan sedikit dengan pedal drum yang akan di mainkan dengan kesesuaian ketika berdiri pedal drum terinjak dan ketika duduk melayang.


- Untuk bermain olah vokal, posisikan badan tegap dan jangan membungkuk, apabila dalam posisi duduk juga sama, jangan sampai perut tertekan dengan paha atau kaki.


                        Untuk instrumen musik yang lain sebagian besar anjurannya sama dan usahakan melemaskan otot tangan dan kaki sebelum memainkan instrumen musik yang akan di mainkan. Dan yang paling terpenting adalah bermain musik dengan melatih pernapasan terlebih dahulu, seperti di dalam olah vokal dan yang lain juga. Kemudian apabila dalam posisi membaca buku atau tulisan, usahakan siapkanlah stand partitur terlebih dahulu atau penyangga sesuatu yang dapat di baca dalam posisi yang nyaman. 


3. Ada 2 format versi di dalam belajar musik secara otodidak, seperti mengharuskan menggunakan buku dan ada yang hanya cukup mendengarkan lagunya saja dan kemudian menerapkannya ke dalam permainan di dalam instrumen. Berikut ini adalah tipsnya :


ardywidyak.blogspot.com


- Belilah buku yang berhubungan dengan belajar musik secara otodidak, terutama belilah buku khusus mengenai belajar musik jenis instrumen tertentu (yang sudah dipilih/bisa juga yang mengandung syair dan melodi).


                      Buku yang di anjurkan harus memiliki penjelasan teori dasar dan beberapa praktisi dari awal sampai akhir, dan usahakan sesuai dengan jenis instrumen musik yang akan di pelajari. Yang paling terpenting adalah buku yang di perlukan mengandung beberapa tulisan syair, notasi balok dan notasi angka (disarankan). Bacalah dengan memahami dasar dan cara membaca notasi balok dan notasi angkanya secara mandiri dan bertahap. Atau apabila belum memahaminya bisa memilih ke tips selanjutnya.


- Dengarkan dan pilihlah lagu yang akan di terapkan ke dalam instrumen atau dengan penerapan vokal sambil membuka beberapa referensi berupa syair atau lirik lagu ketika mendengarkan lagu secara bersamaan.


                     Lagu yang akan di terapkan sesuaikan dengan jenis instrumen musik yang akan di mainkan, tentang bentuknya seperti berupa iringan atau rhythmnya saja, kemudian analisa dan tentukan dengan memperhatikan setiap ketukan lagunya, tangga nada dan melodi lagu tersebut secara bertahap. Usahakan sumber lagu yang disukai merupakan lagu dasar yang merupakan langkah awal di dalam hal pemahaman belajar musik secara otodidak. 


                        Setelah memahami lagunya, terapkanlah lagu yang sudah didengarkan ke dalam musik instrumen, selanjutnya jadikanlah iringan di dalam syair atau rhythmnya saja, kemudian nyanyikan dengan vokal bebas yang sesuai dengan melodi di dalam lagu yang sudah di dengarkan secara bersamaan. Apabila tangga nada melodi tersebut terlalu tinggi atau rendah, tentukan dan sesuaikan dengan suara vokal yang pas dan melodinya, agar tidak melenceng dari iringan instrumen yang akan dimainkan. 













0 komentar:

Posting Komentar