04/03/20

Sumber bahan artikel tertulis, yang valid

                 Artikel menjadi sebuah tulisan yang mengandung kata dan kalimat yang mudah di pahami. Fungsionalnya yang merupakan bacaan yang mengandung arti, makna, cerita dan sumber bahan kutipan untuk orang yang membutuhkan. Artikel bisa mengandung solusi dari masalah yang efisien, dengan solusinya yang memiliki berbagai macam inspirasi dan berkaitan. Namun artikel tidak hanya sebagai tulisan yang memiliki bacaan kalimat yang banyak dan memiliki sumber bahan yang telah di analisis.


           Ada juga artikel yang cukup dengan satu pengertian dan beberapa hal singkat secara penjelasan yang penuh. Contohnya dengan mencantumkan link judul dan beberapa pengertian isi dan cara mendownload sesuatu seperti yang ada di dalam artikel "Solusi Mendownload Video Youtube dengan Browser Lain".Ada yang lain misalnya seperti rekomendasi atau saran dari sesuatu hal yang hanya secara singkat, misal seperti di bacaan artikel "Rekomendasi Gameplay buat Pc/laptop yang Low-spek".

ardywidyak.blogspot.com


             Meskipun hanya sebuah artikel, tapi artikel tidak hanya menjelaskan pengertian, ada juga yang berisi berita dan pengalaman pribadi, seperti travel, wisata, berita olahraga dan seputar berita musisi yang sedang terkenal. Tentang hal itu, terkadang singkat dan tidak terlalu panjang, bahkan tidak tahu di mana sumber utama bahan artikel yang tidak di cantumkan, atau terkadang lagi ada yang secara jujur mencantumkan sumbernya. 




               Mengenai sumber bahan artikel yang di tulis disini, pastinya mempunyai bahan pengalaman pribadi yang mana biasanya secara sengaja atau tak di sengaja di dapatkan melalui inspirasi dari sumber bahan lain, seperti di bawah ini :


1. Wikipedia


              Sumber penjelasan kecil tetapi beragam fakta dan penelitian jelas yang dapat di peroleh dari sini, terkadang merupakan bagian inspirasi utama yang di perlukan untuk menambahkan bahan di setiap bagian penulisan artikel bahasan banyak yang terkadang sulit di jelaskan dan sangat banyak pengertiannya. Namun tak di sesali meskipun dalam satu istilah yang tersirat, hanya bisa di cantumkan sumber bahannya, dengan menerapkan istilah di dalam satu link saja. 


2. Artikel yang berkaitan bahan penjelasannya


          Disini perlu disadari juga, ternyata pembahasan di dalam artikel terkadang satu bahan penjelasan yang sama, meski berbeda secara tampilan web atau blog. Tetapi hal demikian pastinya isi penjelasannya sangatlah berbeda, dan bisa menimbulkan istilah "duplicate content" yang tentunya membuat aksesnya menjadi error. Tapinya lagi tidak perlu khawatir, karena tergantung di dalam segi kata kunci judul dan isi sesuai jenis pencariannya yang ada di dalam internet.


3. Youtube


            Bahan wajib yang biasanya di cantumkan di dalam artikel adalah dari sumber video, yaitu youtube. Beberapa artikel dengan video sudah pasti sedikit mengandung kesamaan jenis penjelasan yang sama di tampilkan, tetapi artikel bacaan yang di dukung dengan video tersebut, tidak berpengaruh dalam penjelasan yang tertulis, karena artikel dapat merangkumnya secara jenis tulisan dan hanya membutuhkan contoh secara terdeskriptif, bahkan bisa sekaligus promosi video pada hal kepemilikkan yang sama atau kepemilikan yang lainnya. 


4. Google


              Banyak sekali jenis web atau blog yang ada di dalamnya, yang merupakan bahan artikel yang bisa di jadikan hal ber-blog walking. Yaitu di dalam mesin pencarian google, yang tentu salah satunya ada sumber halaman seperti wikipedia yang merupakan satu di antara yang ada di dalamnya. Apalagi dengan memiliki blog atau web sendiri, bisa menjadi sarana pencari webber atau blogger lain yang bisa saling mendukung dan bersaing secara bahan artikel yang di tulis.


5. Koran, majalah, atau surat kabar


             Meski tidak banyak orang minat di dalam membaca secara tertulis langsung yang ada di dalam koran, atau surat kabar lainnya, ternyata bisa menjadi sumber bahan artikel tertulis yang menjadi inspirasi tulisan di dalam media seperti artikel online. Namun, tidak bisa menjamin tulisan artikel secara hal yang berbeda atau sekedar kutipan saja, meski hanya judul yang sama dan konten yang sama, dan si penyedia bacaan surat kabar tersebut juga mempunyai artikel online yang juga memiliki penyedia halaman sama di dalam media internet. Tetapi menarik menjadi sumber bahan penulisan artikel di dalam internet, hanya dengan mendapatkan inspirasi dari judulnya saja. 


            Demikianlah yang bisa di jelaskan mengenai sumber bahan artikel, yang bisa menjadi inspirasi bagi semua pembaca yang mampir disini. Semoga bermanfaat dan saling berinspirasi satu sama lain. Damai anti duplicate content dan anti plagiat.


2 komentar: