23/03/20

Pilih Gitar Klasik Bagus dan nyaman

                Gitar merupakan instrumen alat musik bertabung, yang memiliki suara tertentu, dengan cara memainkannya di petik atau di genjreng (strumming). Gitar dapat di mainkan secara individu (solo) dan kelompok. Dengan berbagai bahan dan bentuk, secara peradaban jaman dulu sampai sekarang. Gitar dapat di ubah dari bentuk aslinya, dengan cara mengustomasi hal yang ada darinya secara keinginan sendiri (tergantung dari si pemilik gitar itu sendiri).


                Gitar memiliki berbagai jenisnya, yaitu seperti gitar akustik, elektrik dan klasik. Gitar akustik adalah alat instrumen gitar yang lebih domninan di dalam karakter suara yang dihasilkan melalui alat musik itu sendiri. Gitar elektrik adalah alat musik gitar yang perlu menggunakan sumber suara yang di hasilkan melalui speakar khusus, dengan memasukkan kabel ke dalamnya. Gitar elektrik dan gitar akustik sedikit berbeda secara karakter suaranya, yaitu secara bentuk suara dari gitar elektrik biasanya cenderung bersuara kasar atau distorsi, lebih menonjol di dalam pengeluaran suaranya dari efek yang di pakai dan speaker yang digunakan.


ardywidyak.blogspot.com


                  Sedangkan gitar akustik lebih menonjol dari sumber hasil permainan dan terkadang juga ada yang perlu menggunakan microphone dan speaker, agar suaranya lebih terdengar meskipun berbeda, lembut dan berkarakter dari sumber suara aslinya tanpa berubah - ubah. Selanjutnya ada jenis seperti gitar klasik yaitu alat musik gitar yang mirip dengan gitar akustik, tetapi senar yang di gunakan sangatlah berbeda dan khusus. Gitar ini biasanya cocok dimainkan untuk memainkan lagu klasik.




               Namun, disuatu sisi, gitar seperti gitar klasik biasanya terkendala secara pilihan khusus untuk di mainkan secara bagus, nyaman dan sesuai dengan lagu yang di bawakan. Seperti di bawah ini, ada beberapa tipe gitar yang nyaman dan berkualitas, yang mana sangat cocok untuk di mainkan untuk tipe pemula, bahkan professional, yaitu :



1. Gitar Yamaha C 315


ardywidyak.blogspot.com


                Gitar klasik yang menjadi standar latihan dasar untuk pemula ini, memiliki ragam secara efisien badget, dan karakter suaranya yang seimbang. Gitar ini memiliki tipe standar pemula dasar, dan hanya untuk sekedar sebagai gitar latihan. Kekurangannya hanya di dalam bagian fingerboardnya yang terkadang dapat mudah bengkok, atau melengkung, apabila sering tidak digunakan. Tetapi tetap sangat berguna untuk melatih jari - jari pemula, sebagai latihan pemanasan, sebelum bermain sebuah lagu klasik.


2. Gitar Yamaha C 350


ardywidyak.blogspot.com


                   Sama hal diatas, secara standar kepemilikkan tingkatan level dasar di dalam bermain gitar klasik untuk pemula ini, memiliki karakteristik suaranya yang mulai berkembang, dan fingerboardnya yang semakin nyaman dan enak untuk di mainkan. Sebagai rekomendasi, gitar seri C dari tipe terendah, kebanyakkan adalah sebagai standar instrumen kelayakkan bagi pemain musik dasar.


3. Gitar Yamaha C 390


ardywidyak.blogspot.com


                Semakin tinggi tipenya maka akan semakin baik. Nah, gitar seri ini, lebih bermanfaat untuk pemain gitar yang bukan standar lagi, karena tipe dari inilah, yang kebanyakkan menjadi pilihan pemain pro, yang menjadi cikal bakal pemain yang serba bisa di dalam memainkan lagu klasik tertentu yang tingkatannya sangat cocok dan tidak badmood di dalam memainkannya. Apalagi fingerboardnya sudah di buat secara standar layak pakai, untuk orang jenis pemula dan pro.


3 komentar:

  1. Gitar nya bagus..dulu adek saya sampe nabung buat beli gitar putih Yamaha tapi setelah dibeli setelah gak les gitar lagi..gitarnya di sumbangin di sekolahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bsa??gak dibikin koleksi dalam rumah aja kak??

      lmyan buat belajar dirmah sndiri?!

      Hapus