22/02/20

Makanan khas Jepang yang paling nikmat

               Jepang paling terkenal dengan segala khasanah budaya, suasana, dan makanan yang khas dari negara tersebut. Budaya yang sangat kental dengan tradisi kuno yang di jalani di sana sangat bervariatif bahkan menjadi tulang punggung negara sampai terkenal di beberapa dunia lainnya. Dengan bentuk budayanya seperti memakai kimono di hari atau acara khusus tertentu dan juga suasana yang khas dengan adanya pohon sakura yang tumbuh dan berkembang hanya di negara tersebut di setiap penjuru kota bahkan desanya yang sangat asri bila dipandang dari sudut pandang manapun. Dan juga tak lupa juga masakan khas yang banyak dari beragam jenis olahan yang berbeda dan sangat nikmat disana. 


               Masakan khas tersebut, juga mempunyai rahasia olahan yang bahan dan cara pembuatannya ada yang mudah dan ada yang sulit di temukan. Walaupun berbagai kalangan orang pengusaha dari Indonesia mencoba membuatnya secara persis, dengan bahan yang seadanya tetapi tetap tidak sesuai dengan cita rasa dan jenis karakter aslinya. Keaslian tersebut bahkan harus menemukan sang pemaestro si pembuat asli masakan khas tersebut. 


ardywidyak.blogspot.com


                   Bahannya yang pasti merupakan bahan khusus apabila ingin membuatnya dengan rasanya yang asli dan mirip maka tidak nanggung-nanggung harus mendapatkannya dari belahan negara lain, alias bahan impor yang tempat untuk mendapatkannya harus merupakan pembuatan bahan yang dibuat dari tempat asalnya. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkannya juga harus sampai berbulan-bulan tergantung dari intensitas transportasi yang membawanya. Tetapi mengenai hal itu tidak perlu khawatir, karena bahan impor yang di jual di dalam negara juga ada yang tersedia di toko khusus yang menyediakan hal semacam itu.  




            Kembali ke penjelasan paling atas, bahwa menikmati masakan khas negara sakura tersebut tidak perlu harus ke sana, tetapi perlu di sadari atau tidak, apabila di dalam negara Indonesia sendiri, banyak kalangan orang yang lebih melihatnya ke dalam dekorasi tempat si penyedia masakan khas tersebut sebelumnya. Dengan adanya nilai lebih di dalam karakter yang khas didalam tampilan masakan dan jenis masakan juga, dan si penjualnya juga mungkin saja bukan dari negara sendiri dan terlibatnya usaha di negara sendiri yang terjamin kualitas dan keaslian yang tersedia di tempat itu.


              Tetapi tidak heran dengan masakan khas dari negara jepang atau negara sakura terkadang tidak tahu yang mana yang paling istimewa sebagai masakan yang mungkin bisa coba temukan di berbagai tempat yang menyediakan masakan tersebut di negara sendiri, selain nikmat juga masih menjangkau keaslian dari masakan tersebut. Seperti dibawah ini :


1. Okonomiyaki versi hiroshima


              Masakan khas negeri sakura ini, berasal dari kota Hiroshima dan sangat terkenal di negara Indonesia. Sejak pertama kali di Indonesia, setelah bom hiraoshima dan nagasaki berkobar, masakan ini sempat menjadi barang impor ke negara Indonesia. Krisis yang mereka bawa dari negaranya membawa mereka sengaja memperkenalkan produknya setelah peperangan jepang-Indonesia di negara Indonesia. Sungguh perubahan yang drastis, ketika negara jepang berhijrah ke Indonesia dan menjadi dampak ekonomi, politis dan pemerintahan yang membabi buta dengan munculnya negara liberal di masa itu. 


ardywidyak.blogspot.com


               Tetapi seiring datangnya perang dan kian surut hingga setelah masa orde lama berkembang, masakan ini mulai dikembangkan di negara Indonesia, sebagai kenangan akan negara dengan kota yang di juluki dengan nama Hiroshima tersebut. Masakan ini terkenal dengan adanya taburan berbahan kulit ikan laut, yang di namakan "Katsuboushi", dan memiliki rasa khusus dengan taburan saus okonomiyaki, dan mayonaise yang merahasia di setiap tempat tersedia yang berbeda. Dengan balutan telur di didalamnya dan sayuran mentah khusus, yang membuat hal tampilannya yang berbeda dari jenis tampilan masakan pada umumnya.


2.  Okonomiyaki versi Osaka


              Berbeda dari sebelumnya, adaptasi yang berbeda di negara Jepang, meskipun berbeda kota dan dengan orang tempat tinggal yang berlainan. Masakan ini muncul secara bersamaan, cuma berbeda dengan cara orang yang mempunyai penerapan dalam hal tersebut secara beda inspirasi. Dengan tampilan yang masih dibuat dengan tempat khusus yang sama namun berbeda cara penyajiannya. Tetapi tetap dengan unsur taburan di atasnya dengan nama "katsuboushi"-nya tersebut. Dan perbedaannya yang lain lagi, tidak adanya telur sebagai balutan tampilan sajian masakannya. 


ardywidyak.blogspot.com


               Diantara dua versinya, keduanya sama-sama menggunakan sayuran yang sama, taburan yang sama, dan saus yang sama di setiap penyajiannya. Dalam masakan tersebut juga tidak menyajikan adanya semangkuk nasi, hanya saja menambahkan toping atau tambahan di atas atau di dalam masakan tersebut. Efek setelah memakan masakan tersebut adalah bisa menimbulkan rasa kenyang, yang berbeda dari biasanya karena sausnya yang sangat kental dan nikmat. Masakan ini cocok sebagai menu makan siang dan malam hari yang nyenyak setelah memakannya. 


3. Gyuudon


               Masakan ini terlahir setelah munculnya makanan lain seperti soto atau bakso kalau di negara Indonesianya. Tampilannya sangat berbeda dari tampilan masakan di atas. Cuma yang paling dominan menggunakan bahan dasar telur dan daging sapi. Dengan sausnya yang digunakan dengan saus khusus, untuk taburan di atas masakan tersebut, yang di namakan "soo-juu".  Masakan ini dibuat dengan cara yang berbeda dengan teknik tertentu. Dan menambah nasi di bawahnya, sebagai lauk dan pauk di dalam penyajiannya.


ardywidyak.blogspot.com


                 Masakan ini sangat nikmat apabila ditambahkan acar asam sebagai topingnya. Hal lain yang paling berbeda dari masakan ini, adalah bentuk dari balutan telur di atasnya yang menonjol dengan warna yang gelap dan sangat lezat, karena campuran saus dan telur yang menyatu di dalamnya. Hampir mirip dengan makanan biasa yang menggunakan telur dadar sebagai lauknya namun saus, acar asam khususnya yang berbeda. 


4. Oya-udon


            Sedikit berbeda dari yang diatas, hanya menggunakan telur dan dagingnya yang menggunakan daging ayam. Saus, teknik, tampilan dan yang lainnya juga sama dengan menggunakan tambahan nasi di bawah masakan tersebut. Masakan ini kadarnya sama, hampir seperti antara omelet dan nasi, kemudian taburan sausnya yang tidak kental diatasnya.


ardywidyak.blogspot.com


                  Sausnya berbeda dengan saus okonomiyaki yang sangat kental, gurih dan asin. Sedangkan saus yang di pakai untuk gyuu-don dan oya-udon, lebih asam dan sangat asin, dan sedikit encer, tapi tidak terlalu kental di dalam hasil pembuatannya. Masakan ini biasanya di sajikan, sebagai menu makan pada saat malam hari. 


5. Bento


                Masakan ini sebenarnya sejenis makanan perbekalan ketika akan pergi ke suatu tempat yang berbeda. Sajiannya lebih kedalam tampilan yang unik dan rapi agar orang-orang punya ketertarikan untuk memakannya. Di dalam makanan ini tersedia dengan beberapa lauk - pauk berbentuk unik, dan dengan berbagai jenisnya mulai dari katsu, rocket, ebifurai, naghet dan lain sebagainya. 


ardywidyak.blogspot.com
  

                  Biasa di sajikan dengan nasi dan sayur salad, dan tambahan lainnya. Dan juga saus sambal pedas, dan asin yang nikmat. Nasinya yang paling khusus berbeda dari nasi pada umumnya, menambah cita rasa dan efek kenyang yang bisa di makan ketika sedang berpetualang, bertamasya, berpiknik atau sebagai oleh-oleh pada saat mengunjungi seseorang yang tempat tinggalnya jauh. 


6. Omurice


                Sesuai dengan namanya merupakan masakan khas jepang, yang di sajikan dengan telur dadar berisi nasi goreng, dengan teknik pembuatannya yang dilakukan oleh orang yang berpengalaman, terutama di dalam pembuatan telur setengah matangnya. Dan ketika akan disantap maka akan meleleh di atasnya, apabila di belah menjadi dua bagian. Sajian ini biasanya di bumbui dengan saus yang hampir sama dengan saus okonomiyaki dan bisa di tambahi dengan saus tomat, pedas, asin atau bahkan mayonaise.


ardywidyak.blogspot.com


                 Tampilan telur dadar yang menggelembung di atasnya, didalamnya juga bisa di isi dengan nasi goreng atau nasi ketan khas dari Jepang, yang bisa menambah nikmat ketika di santap. Yang menjadi hal utama di dalam masakan ini adalah dengan tampilannya yang memberikan efek seraya ingin beraktraksi terhadap masakan khas tersebut, dengan kejutan yang tak terduga di dalam telur dadarnya yang menggelembung. 


7. Hiyashi Chuuka


             Paling berbeda dengan sajian tampilan masakan khas seperti penjelasan di atas. Menu masakan khas tersebut, cocok di sajikan ketika dalam suasana musim panas dan kemarau. Tampilan isinya yang serba bermenu salad, irisan daging, telur dadar, dan beberapa serpihan es batu yang dingin dan sangat sejuk, bisa menambah hal demikian lebih nikmat dan tidak panas.


ardywidyak.blogspot.com


               Taburan sausnya yang sangat berbeda cara pembuatannya, dan taburannya yang sangat encer dan asam, masakan tersebut di nikmati dengan cara di seruput di bagian bumbu sausnya yang asam sambil menunggu mencairnya es batu yang sudah menjadi air dingin. Dan tak lupa mie kriting yang hampa sebagai penambah rasa kekenyangan yang tidak akan menambah satu kali lagi. 


8. Yakisoba


              Masakan dengan tipe seperti mie gorengnya orang jepang ini, lebih mengandalkan rasanya yang sangat berbeda. Tampilannya yang biasa dan harum wanginya tersebut, sangat pantas untuk di coba bersama teman-teman kantoran, atau teman main yang suka dengan camilan nan sedikit tetapi banyak khasiat kekenyangannya. Sajiannya lebih terlihat biasa saja, tetapi bumbu dan bahan apa yang di pakai didalamnya sangat rahasia.


ardywidyak.blogspot.com


           Topingnya juga bisa disesuaikan dengan lidah lauk pauk yang bisa di sesuaikan dan ditambahkan, dengan beragam jenis seperti seafood, ayam, kornet dan sebagainya. Bahkan telur ceplok yang mengapung di atasnya juga bisa di bumbui dan di tambahkan dengan "katsuboushi" yang renyah dan lengket.


8 komentar:

  1. kalo aku lebih senang ikura chawanmushi, semacam puding telur ikan. uenak banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy malah baru tahu kalo ada puding ikan,,
      kok malah kayak takoyaki yahh..hehe

      Hapus
  2. Semuanya enak enak, makanan Jepang itu dia buat makanannya pakai art juga tau jadi memang rasanya dan bentuknya selalu rapih sayang buat di ancurin apalagi bentonya lucu-lucu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kebanyakkan gtu sih kak,,pasti ngerasa gak enak dimakan meski sebnarnya udah gurihh..

      Klo bento lebh keindahannya drpad lainnya....

      Hapus
  3. Selama 20 tahun, belum pernah namanya makan makanan khas jepangšŸ˜­

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh, pasti ketagihan, kya mie ramen jg termasuk masakan dari jepang lhooo..hehe

      klo dh pernah nyobain yg ky gtu, gakusah khawatir dehh...

      Hapus
  4. saya cuma suka sushi dan yang berbau "soba"....
    informatif.... thank you for sharting

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gtu,, saling suka aja, thx yh dah mampir disni.. :)

      Hapus