29/01/20

Jajanan Cepat saji, Lauk pauk tambahan

         Makanan mempunyai manfaat yang beragam macam, mulai dari yang sanggup mengenyangkan, juga membuat stamina pulih kembali dan dapat memulai aktivitas kembali. Selain itu, membuat orang menjadi mengantuk dan dapat membuat badan gemuk dan tidak letih. Tetapi tergantung makanan yang di makan, mengandung sumber apa dan untuk kebutuhan apa buat tubuh dan badan manusia.


             Makanan sendiri banyak mengandung hal yang di perlukan untuk tubuh, seperti contohnya yaitu mengandung karbohidrat, vitamin, dan protein. Yang masing - masing dari itu memiliki sumber makanan yang berbeda dan juga fungsi kandungan makanan yang berbeda pula. Makanan juga banyak tersedia dalam bentuk otomatis atau sering orang lain menyebutnya dengan sebutan makanan instan, dan ada juga yang dibuat di rumah sendiri tanpa berbelanja di luar rumah. 


ardywidyak.blogspot.com


             Makanan Instan merupakan makanan yang siap disajikan, dengan beberapa bumbu dan bahan yang siap untuk dibuat secara sangat mudah dan bisa di tambahkan dengan jenis tambahan seperti lauk pauk dari beragam jenis sendiri sesuai dengan keinginan. Makanan instan juga sangat banyak jenisnya, ada makanan instan jenis lauk dan makanan instan jenis instan pauk, yang mudah di dapat di beberapa pasar tradisional atau di toko tertentu, yang menjual hal tersebut.


          Makanan instan jenis lauk merupakan makanan dengan bentuk hal yang cukup dengan membuatnya secara manual dengan kadar sebagai pengganjal perut saja. Sedangkan makanan instan jenis pauk adalah merupakan makanan yang siap di sajikan hanya perlu di goreng, direbus atau di kukus, dengan bentuknya sebagai tambahan makanan instan di dalam makanan instan jenis lainnya. 


               Dari dua jenis makanan instan di atas, ternyata banyak sekali contohnya seperti bubur instan, mie instan, yang mungkin banyak orang yang ketahui. Namun disini juga ada hal makanan instan lauk, dan camilan yang otomatis siap disajikan hanya perlu hal seperti penjelasan di atas. Dan beberapa dari hal itu ada jenis bentuknya, seperti dibawah ini : 


1. Otak otak Ikan


              Makanan camilan sekaligus menjadi makanan lauk yang instan dan tak perlu membuatnya ini, biasanya banyak di peroleh di pasar tradisional, bahkan di toko klontong khusus yang menyediakan jajanan instan. Meskipun hanya cukup untuk digoreng, otak - otak ikan dapat di bawa, disimpan dan praktis. Meskipun makanan yang berjenis cepat kadaluarsa, cara untuk mengetahui makanan tersebut, sudah tidak layak konsumsi adalah dengan melihat dan mengecek makanan tersebut, apabila sudah mulai terlihat berwarna kekuningan. Makanan ini sering menjadi tambahan jajanan di jalanan, seperti untuk siomay dan batagor.  


2. Murato


               Berbeda jenis seperti diatas, meskipun bukan untuk makanan tambahan atau makanan pauk ini, lebih banyak dikonsumsi sebagai makanan camilan atau ringan. Dengan cara menyajikannya cukup hanya di kukus atau di goreng. Jenis makanan ini praktis dan higeinis, meskipun bentuknya seperti bakpao pada umumnya, tetapi lebih kecil dan mini, atau tidak seperti ukuran pada umumnya. Makanan ini juga mudah dapat di temukan di toko olshop atau di pasar tradisional yang menjual hal tersebut.


3. Puyem


              Mendengar istilah tersebut, ternyata adalah singkatan dari hal lain yang mengarah pada bahan dasar makanan instan tersebut. Yah, yang ternyata adalah pupu ayam, yang menjadi jawabannya, atau sering di sebut dengan paha ayam. Dengan bentuknya yang sangat mirip dengan hal tersebut, ternyatanya lagi di dalamnya terdapat tusukan lidi, agar menyerupai bentuk paha ayam. Makanan ini banyak di jumpai di pasar tradisional juga sangat praktik, hanya cukup digoreng saja. Rasanya hampir sama dengan otak - otak ikan hanya di dalamnya terdapat tusukan lidi.


4. Scallop


               Makanan ringan berbuah instan ini, memiliki bentuk bulat atau bundar. Dan memiliki pilihan ukuran dari yang mulai kecil dan ada yang berukuran besar. Makanan ini selain menjadi makanan ringan, ternyata juga menjadi makanan tambahan di jajanan camilan seperti siomay. Dengan cara penyajiannya cukup digoreng dan tinggal lep ini, juga memiliki rasa amis ikan di dalamnya yang sangat khas apabila di santap dan di sajikan.


5. Cireng


                 Makanan yang perlu di buat secara bahan rahasia ini, juga ada yang dijual secara instan dan praktis. Dengan rasanya yang mirip dengan jajanan yang dijual pada umumnya. Juga hanya penyajiannya dengan caranya digoreng, dan bisa memberi bumbu sendiri dengan bumbu mie instan, sangat cocok untuk camilan ketika sedang bersantai atau untuk penyajian tamu ketika teman sedang berkunjung. Bentuknya bermacam-macam, apabila ada yang ingin membeli ini, disarankan belilah yang memiliki tusukan lidi yang dapat dicengkram atau di pegang. Karena rasanya yang lebih enak dari pada yang lainnya.


2 komentar:

  1. Whaa saya malah baru dengar tuh makanan murato. Nti coba googling ah penasaran kaya gimana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarang ada mba, kalo googling..Malahan cari langsung aja di pasar tradisional mbak, malah banyak..

      Hapus