08/01/20

Rawat motor tanpa harus pergi ke bengkel, kok bisa?

              Motor merupakan kebutuhan manusia di tingkat kebutuhan yang kedua, di mana suatu bentuk alat transportasi kedua yang sangat berguna dan bermanfaat di jaman era modern seperti saat ini. Motor sangat berguna, apabila cakupan jangkauan suatu tempat yang akan dituju lumayan jauh dari daerah tertentu. Motor juga menjadi sarana kebutuhan pribadi yang memiliki manfaat dan biasanya digunakan untuk memenuhi syarat dan ketentuan di dalam suatu pekerjaan yang membutuhkan modal alat transportasi tersebut.


          Nilainya sangat produktif di samping dari hal untuk bekerja, juga untuk mengantarkan dan menjemput seseorang di kala dalam keadaan jarak yang sangat jauh. Dengan modal bahan bakar dari jenis bahan bakar apapun, motor juga dapat di modifikasi selain dari hal diatas yaitu, untuk memuat atau membawa barang dan mampu juga dijadikan usaha untuk membawa seseorang kemanapun ia akan tuju. 


ardywidyak.blogspot.com


              Dengan beragam jenisnya, motor dibuat dengan beberapa jenis dan memiliki dua jenis motor berstandar khusus, yaitu seperti motor dengan standar otomatis dan motor dengan standar manual. Dengan standar otomatis, atau orang kebanyakkan menyebutnya motor matic ini, di buat tanpa adanya skala tingkatan roda gigi yang terkadang naik ataupun turun secara pergantian roda gigi yang telah ditentukan, namun tetap dengan basis kecepatan yang diatur secara putaran kecepatan dari sang pengendara itu sendiri. Sedangkan motor dengan standar manual, lebih di dalam pengaturan roda gigi yang perlu di atur secara manual atau sendiri, dengan tingkatan roda gigi yang sudah di tentukan. 


          Secara keseluruhan, motor matic lebih mudah secara penerapannya di jalan raya, daripada motor manual yang harus mengatur sebagian dari pengaturan roda gigi yang telah ditentukan. Namun, motor juga memerlukan hal di dalam hal perawatannya, khususnya perlu melakukan perawatan di dalam rentan waktu setiap bulan sekali, dan mengeceknya  di tempat bengkel khusus yang menyediakan layanan perawatan dan pengecekan kendaraan yang tersedia di dalam bengkel tersebut. 


             Tetapi yang akan di bahas disini, tidak perlu melakukannya di dalam bengkel dengan rentan waktu tersebut, malah secara hal sebaliknya yang mana di dalam hal perawatannya cukup hanya dilakukan di dalam rumah, dan lebih efisien dengan caranya seperti dibawah ini :


1. Mencuci motor apabila sudah kotor dan mengelapnya dengan semprotan pembersih interior


         Mencuci motor merupakan bentuk perawatan yang tidak terlalu mesti dilakukan, apabila keadaan bodi motor yang mulai kotor dan timbul bercak tanah liat. Dengan caranya dilihat dari kondisi bodi motor sendiri dan beberapa hal kotor di setiap bagian bodi motor lainnya, seperti bagian ban, spare bor, rantai dan knalpot bagian bawah yang sering di perhatikan, yang rentan terjadinya pengaratan bahan besi motor. 


        Namun, tidak usah khawatir, dengan cukup melihat kondisi motor yang kotor, tinggal melakukan hal perawatan dengan mencucinya hingga bersih. Biasanya cukup sebulan sekali apabila si motor sendiri sering di bawa kemana-manapun si pengendara motor sendiri ingin pergi. Namunnya lagi apabila sering mencuci motor, maka hal kemudian hari bisa meningkatkan resiko bodi motor menjadi berubah warnanya menjadi pudar, makanya lagi di rekomendasikan bagi si pengendara motor untuk tidak terlalu sering mencucinya setiap hari dan dalam hal mencuci motor, setelah melakukan pencucian gunakanlah cairan pembersih interior kayu, atau kaca, yang bisa melindungi warna bodi motor hingga warnanya bercahaya kembali dan bebas dari polusi debu dan kotoran dari jalan raya.


2. Mengecek tekanan ban motor, apabila akan di pakai di jalan raya


             Mengecek tekanan ban motor juga paling penting dalam hal perawatan motor, agar ban motor yang digunakan ketika mengendarai di jalan raya, tidak mudah selip dan licin. Namun apabila sudah mulai sangat tipis, segeralah untuk mengganti ban motor tersebut di tempat bengkel terdekat, ubahlah batas ukuran ban belakang tidak standar atau sedikit memilih ukuran yang agak besar, dari ukuran standar biasanya. Agar tingkat keseimbangannya terjaga dan lebih stabil di jalan raya.


            Rekomendasi disini, ubahlah ban motor yang berjenis tubeless, yang mudah di rawat dan tidak mudah pecah di jalan raya. Karena biasanya ban motor tubeless, apabila dalam kondisi kempes dan ban bocor, mudah untuk diisi hanya cukup mengisinya dengan cairan khusus untuk jenis ban tubeless, yang caranya cukup dioleskan pada bagian ban yang bocor, ditunggu beberapa menit kemudian baru diisi tekanannya dengan angin. Ban motor jenis tubeless, selain mudah juga sangat menjamin kualitas berkendara di jalan raya, yang tidak mudah bocor dan cara mengatasi kendalanya dengan caranya mudah seperti diatas.


3. Memanasi mesin motor apabila tidak di gunakan untuk berkendara


           Hal yang penting lainnya selain dari hal diatas, adalah memanasi mesin motor ketika kendaraan tidak dipakai untuk berkendara. Hal yang paling biasa orang lakukan terutama bagi kalangan orang awam sekalipun ini, sering dilakukan dan bermanfaat bagi motor agar mesin yang dalam keadaan mati, secara otomatis merubah suspensi kesiapannya untuk siap digunakan untuk berkendara di jalan raya. Dan juga mesinnya yang ada di dalamnya, tidak gampang ngadat atau mendadak mati ketika akan di pakai untuk berkendara. 


           Jenis perawatan ini, juga berfungsi agar mesin tidak gampang usang untuk melakukan tindakan turun mesin dan mesin menjadi lebih terlatih di dalam hal suspensi berkendara di jalan raya. Namun hal ini terkecuali untuk motor berjenis matic, karena untuk jenis tersebut, lebih dominan di dalam hal kebutuhan mendinginkan mesin terutama di dalam hal kebutuhan cairan pendingin khusus tertentu, agar mesin tidak mudah terbakar dan boros bensin.  


4. Mengganti oli mesin dan oli pendingin


           Hal biasa yang orang lakukan di dalam hal otomotif adalah mengganti oli mesin secara berkala minimal 6 bulan sekali. Meskipun ada yang melakukan di tempat bengkel khusus, dan juga bisa di lakukan di dalam rumah, apabila si pemilik motor sendiri, sudah memiliki keahlian di dalam hal tersebut. Dan juga mengganti oli pendingin motor apabila memiliki motor berjenis matic. Agar mesin tetap awet dan tidak cepat panas, biasanya selain dari itu juga agar laju motor jenis matik tersebut dapat membuat mesin tidak ngadat dan mendadak macet. 


           Cara tersebut berharap dapat di lakukan oleh orang yang ahli di bidang pengotomotifan, yang mana biasanya selain biasa di lakukan di tempat bengkel khusus juga dapat dilakukan di dalam rumah sendiri. Karenanya lagi alat untuk digunakan untuk membongkar rangkaian mesin motor lebih lengkap dan komplit. Dan apabila memiliki kriteria hal diatas, cobalah saran tersebut, kalau pemirsa pembaca disini memilikinya. Dan jangan mencoba melakukannya apabila tidak mampu, dan berharap lebih baik dibawa ke tempat bengkel khusus terdekat.


5. Jangan memodifikasi motor pada bagian tertentu


             Memodifikasi dalam hal otomotif, seperti jenis motor standar pabrikan dari dealer yang sudah resmi dan mengubah bagian tertentu pada motor hingga seperti bukan dari jenis pabrikan resminya, efeknya dapat mengakibatkan motor tidak akan bertahan lama apabila di ubah di bagian mesin dan spare part lainnya. Dalam upaya tersebut, disarankan untuk jangan mencobanya, karena juga dapat mengubah pada nilai jenis standar motor itu sendiri, di dalam hal surat keterangan kendaraan alias melanggar peraturan.


              Meskipun menjadi kegemaran atau hobi yang dapat di lakukan di rumah sendiri atau malah di lakukan di tempat bengkel suku cadang tertentu, memodifikasi motor juga memiliki dampak buruk di dalam kenyamanan berkendara dan usia motor yang sering digunakan. Hal lain juga meningkatkan resiko kecelakaan di jalan raya. Tetapi kembali kepada masing-masing orang yang mengabadikan motornya dengan cara mereka, tergantung dari cara perawatan mereka di dalam hal merawat jenis transportasi tersebut. 


         Dengan penerapan cara perawatan tersebut, berharap semoga motor dapat berfungsi seumur hidup, tidak mudah rusak dan awet. Di dalam kendaraan lain seperti mobil juga hampir sama, tetapi mobil lebih berbobot secara rinci di dalamnya, terlebih harus rajin mengeceknya hingga masuk ke dalam secara detail. Apabila ada keraguan dan pertimbangan, silahkan komen di bawah ini dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar