05/11/19

Apa yang ditulis dalam Blog/website anda??

          Sebuah tulisan, dan bahan yang bisa memuat berbagai tulisan dengan contoh gambar dan video dari berbagai sumber sendiri atau dari sumber yang lain, dan dapat di muat di media sosial bahkan dengan alat bantu pencarian khusus dengan kontek pembahasan atau judul yang diperlukan oleh sebagian banyak orang,, yah itulah yang dinamakan artikel.


      Artikel mudah didapat dengan media tertentu yang disediakan dengan jaringan internet dan mudah disimpan atau sekedar untuk dibaca oleh pemirsa secara acak, dengan berbagai macam domain yang berbeda yang dikhususkan untuk mempubliskan artikel secara umum di internet. Media tersebut sangatlah banyak dengan jenis ketentuan yang ada didalamnya, seperti blogger contohnya, dengan menulis lebih dari 300 kata, sudah tentu artikel dapat mudah disetujui apabila bahan yang ditulis merupakan bahan asli ditulis secara mandiri. 


ardywidyak.blogspot.com


        Pembahasan dari mulai tentang pemberitaan seperti gosip, misal artikel tersebut paling tidak harus mencantumkan sumber bahan wawancara khusus dengan pihak pertama atau kedua dari si jurnalis. Mengenai kebenaran berita acara yang menyangkut kronologi, waktu dan tempat yang menjadi pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bahan yang diperlukan.


        Artikel lain yang paling banyak mudah untuk dibahas adalah mengenai keberadaan musibah di suatu tempat, juga menuangkan sumber yang jelas dan akurat. Bahan yang bisa disangkut seperti video kronologi terjadinya musibah tersebut, juga bisa ada nilai tambah secara otoritas minat publik yang sedang terkenal. Walaupun musibah tidak semestinya terjadi dan sanggup dijadikan bahan untuk menulis artikel. 

           Pengetahuan dasar atau pengetahuan yang belum diketahui masyarakat juga patut menjadi tema dan topik yang bisa dibahas, seperti langkah, tips, cara dan macam-macam bentuk solusi yang mudah untuk disolusikan, yang pasti sesuai dengan kemampuan didalam menulis dan menganalisa suatu masalah secara tepat.


          Masalah menulis artikel disini juga sedikit ada solusi bahasan yang lumayan buat para pembaca, yang belum mengerti tentang pentingnya menulis artikel dengan satu masalah pokok yang solusinya mudah untuk diberi contoh dan gambaran.


         Satu masalah pokok tersebut bisa dijadikan bagian pertama dan selanjutnya bisa dilanjutkan dengan bagian kedua dan seterusnya, agar solusinya tidak menggantung di mata para pemirsa. Masalah pertama dituliskan secara kontek yang tidak terlalu banyak secara pembahasannya (tergantung berapa banyak topik bahasan yang disangkut), misal dengan judul : 


ardywidyak.blogspot.com


Part 1 ( berlatih musik dengan otodidak )


- Awal artikel : mengharuskan untuk menjelaskan tentang sejarah musik dan dengan contoh alat musik yang akan digunakan (secara otodidak), jangan lupa menjelaskan pengertian istilah otodidak sendiri agar prolog nyambung di pembahasan selanjutnya.


- Isi artikel: Mulai membahas kembali ke masalah pokok dan solusi dengan bahan yang sudah disediakan, sesuai dengan judul yang dibahas. Tentunya memberi alur dasar tentang teknik bermain musik dengan instrumen musik yang sudah ditentukan.


- akhir artikel : Solusi yang sudah dibahas secara belum menyeluruh, usahakan untuk memintakan kritik dan saran kepada pemirsa, bila ada kelanjutan pembahasan isi, silahkan beri spoiler tulisan sedikit tentang artikel lanjutan.


        Apabila artikel ditulis dengan bagian bahasan yang berkelanjutan, usahakan judul sedikit berbeda dengan tahapan yang lebih berbeda, agar tidak dicap sebagai 'dupicate content'. Mengenai awalan, isi dan akhiran, gunakanlah bahasan kalimat dan bahan yang berbeda. Dan jangan mencoba mengalihkan tema bagiannya terlalu bahasan yang jauh (maksudnya agar bagian artikelnya tersambung dengan bagian bahasan sebelumnya).


Judul artikel 1 : Berlatih musik secara otodidak - part 1

Judul artikel 2 : Berlatih musik secara kursus - part 2


      Kontek yang lain atau contoh yang lain, bisa membuat artikel dengan pembahasan yang menyeluruh dengan bahan yang lengkap dalam satu artikel. Biasanya lebih banyak mendominasi satu solusi yang cepat. Misal : bermain musik piano secara otodidak (pada pembahasan diatas sebelumnya lebih meluas dalam artian pemakaian judulnya). Judul yang sempit dengan kadar obyek yang tertuju hanya satu obyek malah akan mudah untuk dibahas didalam satu bahasan artikel. Dan bahkan tidak ada spoiler lanjutan yang diperlukan atau digunakan.


       Didalam membuat judulpun punya perhitungan agar judul artikel tidak terlalu panjang dan mudah ditemukan di internet. Pembuatannya bisa di atasi dengan hanya membedakan subyek, obyek, atau bahkan predikat yang akan dibahas didalam artikel. Agar dikatakan lebih didalam penulisannya didalam satu judul artikel bisa diberi dua pokok bahasan, namun tetap usahakanlah membuat sub judul kecil didalamnya. Misal :


Judul artikel        :      Pengertian musik otodidak dan musik kursus

Sub judul artikel :        1. Berlatih musik secara otodidak 
                                     isi : pengertian otodidak - teknik bermain musik secara otodidak
             
                                     2. Berlatih musik secara kursus                     
                                     Isi : Pengertian kursus - teknik bermain musik secara kursus

Akhir artikel : kesimpulan (lebih cocok mana bermain musik secara otodidak atau kursus), kritik dan saran (tanpa spoiler) atau bahkan promosi untuk like dan share artikel ini atau selanjutnya.


         Begitulah mengenai bagaimana cara untuk menulis artikel di dalam konten blog/website anda  Tentang cara diatas mungkin bisa pemirsa coba terapkan atau ujikan didalam hal penulisan artikel. Yang terpenting artikel yang pemirsa tuliskan semoga bermanfaat bagi para pemirsa lainnya. Kaidah penulisan dan didalam pembawaan didalam penjelasannya, gunakanlah pengertian dan langkah yang mudah dipahami.  


6 komentar:

  1. iya sama - sama..thx dh baca...

    BalasHapus
  2. Blogku akhir2 ini sepi setelah dua tahun tidak aktif.. Ngaruh jg yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ngaruh juga mas, tergantung dari masnya sih..atau dari sran dari sya diaktifin lagi,,biar rame...

      Hapus