05/07/20

Jalan masuk artikel web/blog ke Webmaster Tool

          Artikel banyak mengandung hal tentang materi yang biasa dibincangkan, meskipun hanya lewat sistem online. Pada dasarnya artikel lebih mendominasi untuk tujuan tertentu, ada yang cuma berisi penjelasan, gambaran, dan cara yang belum diketahui. Dengan artikel semua cakupan masalah dapat diatasi dengan mudahnya.


       Tetapi artikel sendiri, tidak bisa lepas dari hal tentang tujuan yang harus diwariskan kedalam mesin pencarian seperti google, fungsinya agar artikel itu dapat mudah ditemukan sesuai dengan kata kunci pencarian tertentu yang cocok dan sesuai dengan judul yang orang cari.


ardywidyak.blogspot.com


           Dalam bahasan tersebut, artikel punya yang namanya index, dimana alamat url yang kita punya dicocokkan dengan golongan kata kunci yang orang cari. Dengan persetujuan kata kunci tersebut, google sendiri memiliki penilaian agar orang yang memakai sarana blog/web secara otomatis dapat membandingkan artikel lain dengan judul, isi, dan bahasan yang berbeda di mesin pencarian. 


           Dengan mesin pengindex manual tetapi otomatis yang bernama google webmaster tool. banyak orang yang memanfaatkannya untuk mendaftarkannya secara manual. Agar orang mendapatkan judul,isi dan bahasan artikel yang sudah didaftarkan dan didapat, memperoleh target viewers yang akurat. Berikut langkah untuk mendaftarkan halaman blog/web ke dalam webmaster tool :


1.  Buka alamat url blog/web anda, kemudian copas alamat url tersebut. Contohnya seperti dibawah ini.


ardywidyak.blogspot.com


2.  Buka Google Webmaster Tool, daftarkan beberapa itemnya dan isi (biasanya ada dikolom property) dengan identitas, dan akun pribadi yang akan digunakan. Ada juga dibagian kolom "Sitemap" isi dengan beberapa item sesuai petunjuk gambar berikut. Bila sudah beres semua, selanjutnya pastekan url yang sudah dicopy tadi lalu tekan "Enter". Kemudian tunggu pengindekannya selesai.




ardywidyak.blogspot.com


3.  Apabila sudah menunjukkan warna centang hijau, maka halaman url radi sudah di setujui di google. Apabila belum dan berwarna abu-abu bahkan seperti tanda peringatan berwarna orange, maka segeralah mengecek sesuai alamat Url yang sudah di index tadi.


Halaman sudah terindex di mesin pencarian google

ardywidyak.blogspot.com


Halaman web/blog belum terindex di mesin pencarian google

ardywidyak.blogspot.com


Masalahnya :


- Biasanya artikel yang dimuat pernah di publish sebelumnya.


- Mengalami masalah tampilan dari web/blog sendiri, seperti tidak SEO, atau tidak menyesuaikan dengan gadget pemirsa.


- Teks yang ditulis tidak sampai lebih dari 300 kata per halaman.


- Gangguan template yang dipakai, seperti adanya iklan yang ditempatkan secara tidak sesuai.


- Judul alamat url web/blog, duplicate artinya sudah ada yang mirip dan telah terpublish. Segeralah mengganti judul alamat web/blog tersebut.


- Beri komentar di bawah sajalah.


6 komentar:

  1. Berguna bagi blogger pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah, silahkan dicoba, barangkali bermanfaat..hehe

      Hapus
  2. ini yang saya cari, Terima kasih :)

    BalasHapus
  3. Mantap! Izin blog walking www.duniacoding14.site

    BalasHapus
    Balasan
    1. silhkan,,saling - saling share aja...

      Hapus