02/06/20

Kamus induk Kata untuk Pemusik

                       Mengatakan dengan berbagai bahasa, memang tak semudah omongannya. Terlebih kata yang di ucapkan, memiliki makna yang beragam. Meski berbagai logat dan asal bahasa dari tempat berbeda, tak khayal seseorang mungkin akan belajar secara hal yang selain dari hanya mendengarkannya saja. Salah satu caranya adalah dengan mengartikan bahasa dari beda negara dengan menggunakan kamus bahasa.


                        Banyak bahasa yang dapat diartikan dengan bahasa, seperti mengartikan bahasa inggris dengan kamus bahasa inggris lengkap dan khusus untuk bahasa itu. Meski kamus bahasa inggris memiliki beragam jumlahnya, tetapi masih terbilang kurang karena berbagai banyak bahasanya, karena belum mencakup kesemua kosa kata yang dipakai oleh masing - masing orang.


                            Dan dalam bentuknya, masih dalam pengartian dalam tingkatan tunggal dan bahkan majemuk saja, tapi masih terlihat bingung kapan kosa kata tersebut digunakan. Walaupun bahasa inggris juga punya grammar atau ketentuan bahasa yang layak untuk di bicarakan, ternyata tetap sulit, dan tak khayal juga seseorang harus menghafal secara grammar terbaru dari orang asingnya langsung.


                          Kembali tentang masalah pengartian makna dari sebuah kata maupun sebuah kalimat, ternyata kamus juga sudah mulai dikembangkan tanpa adanya kebutuhan dalam jaringan internet, atau selayaknya dalam pengartian bahasa dalam google translate tertentu. Yang secara pengembangannya sudah instan dan tanpa membacanya satu persatu, yaitu dengan kalkulator multi fungsi, dengan fasilitas translate bahasa inggrisnya yang muncul dengan cepat dan praktis. Yang bernama kamus digital "alfalink", dengan multi fungsi selain menghitung sebuah angka dan beberapa angka yang perlu dihitung, kamus tersebut sekaligus bisa mengartikan bahasa inggris secara format tertulis manual sesuai dengan penggunanya yang ingin mengartikan sebuah kata saja dalam bahasa inggris.


                        Meskipun terlihat sangat mudah dan praktis, ternyata tetap masih kurang, karena dalam pengartian satu kata saja yang perlu diartikan. Memang tidak terlalu berlebihan, tapi sudah sangat membantu, bahkan fasilitas yang terbarunya dapat mengartikannya secara bentuk audio yang tersedia dari kamus tersebut. Semakin lama maka akan semakin berkembang, dan tak hanya itu saja, kamus di dalam mengetahui sebuah arti bahasa, juga tidak menentu ke dalam hal tersebut. Karena ada lagi hal lain, yang malahan terlalu dianggap hanya lalu saja, yaitu adanya kamus khusus dalam hal bermusik. Atau disebut dengan kamus musik, dan hal yang akan dibahas disini adalah kamus tersebut, masih dalam bentuk buku, dan sesuai dengan penelitian langsung di lapangan.


ardywidyak.blogspot.com


                        Penulisnya adalah merupakan seorang dosen dari kampus terdekat admin atau tetangga kampus admin dulu. Dan letaknya berdampingan, yang tak sadar ternyata ada seorang yang telah memberikan ilmunya kedalam pembuatan sebuah buku kamus musik. Dirinya adalah seorang berkewarganegaraan Jerman, yang merupakan lulusan dari kampus luar negeri. Meski tidak admin sebutkan, silahkan telisik sendiri secara tentang dirinya, dengan membeli buku kamusnya.


                               Bukunya memiliki judul depan dengan nama "Kamus Musik", kode bukunya PML A-77, buatan Pusat Musik Liturgi Yogyakarta, diterbitkan sekitar tahun 2009. Selain itu pengarangnya juga menerbitkan tentang seri tentang buku tentang musik lain, dengan berbagai judul lain, seperti Ilmu harmoni, Menjadi Dirigen, Menjadi Organis, Sejarah Musik, dan Ilmu Bentuk Musik. Sejak sebelum menerbitkan buku, dirinya juga merupakan pengajar di Kampus ISI yogyakarta, sampai sekarang sebagai dosen di kampus sebelah admin di perantauan. Secara harganya kisaran harga 60 ribuan, dan kamus tersebut lumayan dengan isi khasanah pengetahuan bahasa musik yang diartikan dan di terjemahkan lebih sekitar 3 bahasa di dalamnya. 


                                Salah satunya adalah bahasa italia, jerman dan lain sebagainya, dengan beberapa translate bahasan per kata yang di terjemahkan kedalam bahasa Indonesianya langsung. Musiknya tidak condong kearah timur saja, ada beberapa bahasan mengenai musik dari Indonesia, dengan sebuah kata dalam bahasa lain, seperti bahasa daerah jawa, padang, flores dan lain - lain. Secara garis besar kamus ini, memiliki kode huruf sebagai awalan sebuah istilah musik yang perlu diartikan. Memang agar mempermudah khasanah bagian istilah yang sesuai dengan awalan perkatanya yang harus dicari dan disesuaikan.


                             Menurut admin buku kamus ini, sangat membantu di dalam pengartian istilah musik baru, dan bahkan istilah lama, yang lupa tentang makna dan maksud dari sebuah istilah di dalam musik. Walaupun ada sebagian yang tidak ditemukan, tapi cukup membantu di dalam penugasan perkuliahan, atau tentang bahasan istilah musik baru yang perlu diketahui. Budaya dan liturgi musiknya lumayan kental, dengan jaminan bahasan yang mudah dipahami, makanya tidak mengecewakan tentang kamus ini, apalagi dapat menjadi referensi sedikit yang diubah menjadi kutipan kecil di dalam tugas lain atau bahasan lain.


                           Buku ini mudah ditemukan di berbagai toko buku yang memiliki berbagai cabang disetiap kotanya. Jangan heran, ada sekitar beberapa jumlah buku saja yang mungkin menjadi stok terakhir di toko tersebut, karena buku ini hampir punah, apalagi disisi kota lain mungkin hampir sulit ditemukan. Jangan khawatir, karena bukunya masih bisa di temukan di kota besar yang lebih tersedia hingga ke beberapa toko buku kecil lain yang punya buku tersebut.


                       Sangat rekomended bagi para pemusik pemula, amatir, professional, bahkan orang umum sekalipun. Cocok bagi para kolektor buku, yang ingin menguasai bahasa selain dari bahasa lisan seperti bahasa asing. Didalamnya mudah dibaca dalam arti khusus bahasa musik, yang sesuai dengan literatur bahasa dari berbagai bahasa di Eropa. Dan tak mau ketinggalan pastinya bahan bacaannya sesuai dengan sumber dari pustaka yang penelitiannya valid. Kembali lagi kepada pemirsa disini yang ingin mencobanya, silahkan bisa cari di berbagai toko buku di kota anda.

3 komentar: