02/06/20

Belajar dari sebuah kematian, Anime Shikabane Hime

                  Menyaksikan bidang film dan movie, segalanya banyak yang berubah. Mulai dari membuat seseorang menjadi terhibur, senang, marah, bahkan sedih sekalipun. Meskipun movie banyak yang terlalu menegangkan, ada perlunya movie juga ada obat pilunya, seperti movie komedi atau tentang lawakan. Movie yang berkaitan sangat banyak kaitannya dengan kebutuhan seseorang, bahkan movie atau bukan film, seperti anime, juga bisa menjadi bibit hiburan yang tak tertandingi.


                 Tontonan berbentuk 2 dimensi tersebut, banyak kaitannya juga dengan manga yang dijalankan secara gambar bergerak. Meski banyak orang memilih di masing - masing bagian tersebut. Ada yang memilih membaca manganya saja, atau bahkan menonton aksi geraknya dengan menyaksikan animenya. Atau juga berjalan secara bersamaan dari dua tersebut, yang malahan bisa menambah perbedaan yang bisa sama atau berbeda kaitannya, dari segi karakter, ceritanya dan beberapa tokoh figuran muncul yang tak terduga.


ardywidyak.blogspot.com


                      Anime juga tidak berbuah 2 dimensi saja, tergantung aksi yang ditampilkannya, ada yang berupa 3 dimensi yang seakan menambah kedahsyatan karakter yang beraksi di dalamnya. Anime jenis aksi tersebut, juga terkadang tergantung dari si pembuatnya yang ingin memberikan hal berbeda dari sang manganya. Dengan efeknya yang dapat dicerna secara pemirsanya yang menontonnya sendiri.


                     Jenis horrorpun juga lumayan dibutuhkan meskipun kadarnya tidak terlalu horror, karena hanya berupa gambar saja. Tapi menarik dari ceritanya yang hanya modal tampang cerita, sisi tempat, dan karakternya yang berubah menjadi apa, menakutkan atau malah sebaliknya. Seperti anime dibawah ini, segi horror ceritanya yang diambil dari sisi gelap sang tokoh dan tak lepas dari tokoh lain, dalam artian bersangkutan sama lainnya. Yaitu Anime "Shikabane Hime", pertama kali di rilis sekitar tahun 2010. Meski terbilang lama, anime ini ternyata memiliki hal menakutkan dari unsur para tokoh perannya.


Tentang Shikabane Hime


                       Berisi seorang pemuda sakti yang mulai mempelajari sekte dari kuil yang dia huni. Secara tidak sendiri, dirinya diasuh oleh seorang imam dari kuil tersebut. Pemuda tersebut bernama "Oori", dan imamnya bernama "Tagami kesei", yang sama - sama hidup bersama. Melalui seorang imam sekaligus kakak angkat yang bernama "Kesei" tersebut, dirinya mempelajari banyak hal tentang mayat.


                           Berawal dari Oori menemukan seorang wanita yang tergeletak di dalam altar kuil, dan wanita itu ternyata sudah mati dengan beberapa luka disekujur tubuhnya. Tapi tiba - tiba sang kakak angkatnya mencoba menghidupkannya dengan segala kekuatan dari dalam dirinya, hingga wanita itu bangkit dan hidup kembali. Berselang kemudian, Oori mengalami hal ganjil, dengan bertemu bayangan kucing yang sebelumnya mati dan mengajaknya kesuatu tempat yang memiliki kejadian aneh dan misterius. Kucing tersebut, juga memberikan pengetahuan akan kehidupan abadi setelah kematian. Dari situlah Oori mulai tahu tentang seluk beluk mayat yang sering dibangkitkan oleh sang imam dari kuil yang dia tinggali.


                        Salah satunya adalah sang kakaknya sendiri yaitu Kesei, yang ternyata memiliki kekuatan dari seorang mayat yang dia bangitkan sebelumnya. Secara di dalam sebutan dianimenya tersebut tergolong dalam sebutan "Shikabane" atau dalam artian seorang mayat. Tapi nama manusianya adalah Hoshimura, hanya memiliki kekuatan senapan yang dia bawa setiap akan bertarung dengan mayat lainnya. Dari beberapa imam yang dia kontrak satu sama lain, ternyata ada imam lain yang memiliki kekuatan lebih dahsyat dibandingkan dirinya, dan sama - sama memiliki sang "shikabane" tersebut. Imam tersebut, biasanya mengadu kekuatan di daerah tertentu, dan sambil menegakkan hukum alam yang terjadi di lain rumpun kuil.


                           Meski banyak tradisi di dalamnya, ada salah satu hal yang keluar dari alam, dan membuat keadaan menjadi buruk dari beberapa kematian yang terjadi. Dari beberapa pengkhianatan, umpan mayat hidup atau shikabane yang mereka hantarkan di setiap pertarungan, menjadi gejolak yang sangat rumit di dalam anime ini. Selain itu, level lawannya memiliki bermacam - macam kekuatannya, dengan unsur asal latihan berbeda, bahkan ada yang satu tempat latihan bersama, kemudian berpisah hingga menjadi saling berpengkhianat satu sama lain, dan menjadi lawan tanding karena suatu alasan.


                                Sebagian besar Shikabane yang mereka gunakan adalah wanita, yang berasal dari kematian tragis, atau malah bunuh diri dengan alasan tertentu. Hingga suatu pekerjaan seperti imam dari kuil, harus membuat sebuah surga untuk dirinya, dengan memanfaatkannya sebagai alat pertarungan dengan shikabane dan imam yang lain. Meski banyak cirinya, disisi lain shikabane memiliki pola asal murka yang jahat dan sangat bengis. Sampai harus menjinakkan mereka hingga menjadi sebuah shikabane, yang berubah menjadi shikabane hime yang taat dan harus melindungi seorang yang berhubungan dengannya.


                           Ciri khas yang selalu muncul dari anime ini adalah selalu terjadi diantara kuil dan beberapa keadaan tempat persembahan lain atau bahkan lingkungan kota yang terjahati oleh beberapa kebangkitan mayat yang murka akan kematian mereka. Dan selalu tidak lupa, dengan beberapa tugas dari beberapa imam yang tidak lepas dari kekuatan pembersihan atau sebagainya yang muncul, untuk menghadapi beberapa kematian yang menjelma dari mereka hingga menjadi sebuah kutukan bagi seseorang yang lain. Meski tidak masuk akal, bisa menjadi anime terseram yang pernah ada, dan beberapa ceritanya yang saling berhubungan antar tokoh didalamnya yang mengandung intisari tertentu. 




0 komentar:

Posting Komentar