01/05/20

Istilah Lisan dalam hal blogging

              Berbrowsing di dalam internet terdapat banyak hal yang sudah diketahui dan belum diketahui oleh beberapa orang kebanyakkan. Bahkan tips dan langkah sesuatu hal yang sangat penting di dalam kehidupan juga banyak orang cari, meski sumbernya ada yang didapat dari internet. Misal menafsirkan istilah sesuai penelitian yang akan di rangkum dengan hanya membukanya di wikipedia, banyak istilah yang ditemukan meski satu istilah banyak penjelasan didalamnya.


                    Tetapi sumber itu sendiri terkadang, banyak orang kenal dari beberapa forum dan acara di kehidupan bermasyarakat yang kebanyakkan nyadur istilah dari berbeda daerah dan dalam satu tempat mereka berada. Meski pertemuan dalam satu dan tempat asal yang berbeda, bahasa yang mereka punya dapat di sharing dan dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan, bahkan dengan penggunaan yang sedikit menyeleweng didalam artiannya, tetapi tetap mereka gunakan sebagai bahasa sehari - hari di kehidupan.


               Istilah sendiri merupakan suatu ringkasan dalam satu makna singkat dan sempit, yang mempunyai arti yang luas dan merupakan sebuah satu cakupan dari penjelasan yang sangat luas. Istilah sering di pakai untuk mempersingkat cerita yang banyak mengandung unsur yang singkat dan padat. Dengan istilah orang tidak perlu berbicara panjang lebar., mengenai hal yang rumit dan efektif. Istilah juga merupakan bentuk sinonim dari sebuah kata yang sangat mirip dan cocok dengan hal yang mengarah kepada satu hal. 


ardywidyak.blogspot.com


                     Bahkan istilah juga bisa di jadikan uji atau tes di dalam suatu pekerjaan yang syarat akan nilai, yang dibutuhkan untuk mengukur kemampuan seseorang di dalam hal pekerjaan yang berkaitan dengan olah bahasa, bahkan di semua sektor juga terdapat hal istilah yang perlu diuji secara umum di dalam tes tersebut. 


                Kembali ke dalam hal yang paling atas, istilah yang sering belum diketahui apabila di dalam khasanah orang blogger, mungkin terdapat beberapa hal yang mungkin sudah di ketahui di dalam hal pengucapannya saja bahkan hanya cukup mendengarnya saja atau hanya membacanya saja, meski hanya dengan browsing di dalam internet, misalnya seperti di bawah ini : 


1. Duplicate content


                   Istilah tersebut sering sekali bahkan viral sekali bagi orang yang menyukai dunia blogger dan website. Kapasitasnya bisa digunakan di dalam atau di luar sistem lainnya. Duplicate content merupakan hal yang sama persis atau sejenis dan sangat kembar dengan sesuatu hal yang lain dalam kegunaannya yang sejurus, bahkan berlainan namun hanya sedikit berbeda di dalam sesuatu hal yang tidak efektif apabila diteruskan akan mengalami salah satu yang harus mengalah bahkan kedua-duanya atau lebih dari itu menjadi hal yang bisa disebut dengan duplicate content.


                      Fungsinya lebih di gunakan ketika melihat, membaca dan mendengarkan sesuatu hal yang sama persis sambil membandingkan dua hal yang tujuannya sama. Artinya sama-sama diantara keduanya yang duluan muncul yang menang. Dari hal yang sudah ada dan belum ada dan tiba-tiba hal yang sudah ada malah muncul kembali. Duplicate content lebih spesifik menjurus kepada sesuatu hal yang berkaitan dengan kata kunci yang sama, atau bahkan bahan yang sama di dalam hal membuat konten di blogger. Efek yang diderita dari keseluruhan konten yang sudah ada, namun tiba-tiba ada hal yang lain muncul dan lebih baru, tapi mirip biasanya akan mendapatkan peringatan atau bahkan terkena "blocked".


2. Blogwalking 


                      Istilah ini lebih terfokus pada hal tentang blogger yang menjadi seorang pemirsa di setiap blogger yang lain. Artinya selain memiliki kapasitas blog mandiri, seorang blogger dapat membaca, dan menganalisa blogger orang lain dengan meninjau istilah, materi, artikel yang baru dan update dari blogger orang lain. Kegiatan tersebut bisa menambah khasanah pengetahuan baru sebagai seorang blogger dan menambah inspirasi yang berbeda, bahkan bisa mendapatkan materi bahan artikel baru yang bermanfaat.


                      Browsing internet selain didalam blog sendiri, blogwalking juga bisa berinteraksi dengan blogger lain dengan cara mengikuti blog orang lain atau bisa menanyakan hal yang tidak dapat di pahami dari blog tersebut. Melalui forum atau media kapasitas blog lain yang menyediakan beberapa layanan komentar yang berisi komentar dari segi pertanyaan dari orang lain. Selain dengan hal tersebut, blogwalking bisa di fungsikan ke dalam hal promosi, apabila sambil belajar mengenai hal sesuatu yang baru di blog orang lain juga dapat menitipkan alamat web atau blog sendiri ke dalam blog orang lain yang telah dikunjungi.


3. Crawl page


                Istilah ini lebih di khususkan terhadap suatu penilaian di dalam media penilaian blog tertentu yang lebih dominan untuk mengukur seberapa hal tentang unsur yang di nilai di dalam blog itu sendiri. Hasil yang kurang memuaskan dari penilaian sistem tersebut, bakalan akan memunculkan istilah "crawl page" apabila di dalam blog sendiri mengalami kerusakan di bagian tampilan halaman yang telah dikunjungi oleh orang lain.  Istilah tersebut biasanya, lebih fokus ke dalam inti bentuk halaman artikel saja, namun bahkan ada hal lain selain yang mempengaruhi dengan hal tersebut juga.


               Bahan tampilan yang perlu di benahi atau diperbaiki, adalah biasanya di dalam hal penulisan javascript atau html yang kurang memadai dan kurang sesuai dengan kadar tampilan halaman artikel blog sendiri. Pengaruh yang lain biasanya adalah ada hubungannya dengan tampilan mobile yang error dan bahkan tidak sesuai dengan pengaturan tampilan mobile yang sudah ada di dalam pengaturan blogger.


4. Domain


                     Istilah ini lebih mencakup ke dalam hal bersifat dan menjurus ke dalam sebuah terapan link atau alamat url yang berpengaruh. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah dalam jenis suatu bentuk blog atau web. Misal apabila jenis blog tersebut memiliki domain berjenis blogspot.com, maka belum berpengaruh ke domain yang lain yang sewaktu dapat berubah. Sedangkan di dalam domain lain, semisal .com, .co.id, .org, .net, dan lain sebagainya juga sangat berfungsi di dalam penggunannya dalam skala tertentu.


                  Istilah ini bisa mengubah istilah halaman blog menjadi istilah website. Kegunaannya sangat berbeda dari blog yang masih beraliran di dalam penggunaan domain .blogspot.com, yaitu pengaruhnya di dalam hal pencarian yang sangat tertinjau dan efektif dari sumber penilaian yang lebih dari domain tersebut, yang antusias menghasilkan ukuran atau takaran tampilan baru yang lebih spesifik teruji. Namun masih tetap di pantau dan di atur dengan sesuatu hal yang sesuai agar blog yang sudah menjadi website tersebut lebih stabil di dalam hal pemilihan pemirsa.


5. Index atau submit


                          Istilah ini biasanya di masukkan dalam hal keperluan yang berkaitan blog yang akan di tampilkan ke dalam mesin pencarian di dalam google search engine. Fungsinya agar artikel atau blog atau website tersebut bisa muncul dengan manual, dengan cara, memasukkan artikel atau halaman web atau blog tersebut kedalam perantara google index berupa alamat url atau link sebelumnya, hingga menunggu pemrosesannya selesai diuji. 


                  Terkadang uji tes web atau blog tersebut agar bisa keindex ke dalam google, bisa menemui kendala atau bahkan berhasil, sesuai dengan beberapa ketentuan yang disetujui dan mudah untuk dicari. Istilah lain yang dipakai dari semuanya itu, juga bisa orang blogger sebut dengan istilah submit. Namun lebih spesifik ke dalam hal tertentu saja yang sesuai dengan cakupan hal tujuan yang sama. 


6. Trading atau Trafficing blog/website


                     Istilah tersebut sering sekali di sebutkan oleh kebanyakkan para blogger dan webber pada bagian khususnya sebagai author atau para admin web atau blog tersebut. Penggunaan kata tersebut dikaitkan dengan masalah halaman web atau blog yang memiliki jumlah pemirsa yang akan dikumpulkan sebagai trading, untuk di dapatkan dengan bentuk beberapa mutu dan kualitas produk yang di tunjukkan kepada pemirsa atau viewers melalui web atau blog tersebut.


                   Mutu dan kualitas itu, di dapatkan juga untuk memperoleh pendapatan dari setiap halaman yang sudah teruji dan terakses secara baik dan benar di mesin pencarian google atau lainnya. Akses halaman web atau blog akan di uji dan dicatat ke bagian hal tertentu agar bisa di rekam atau di rekord sebagai penilaian akses yang dinilai secara detail yang telah ditentukan.   


7. Ad atau Iklan


                        Jenis kata emas bagi para blogger atau weber untuk mendapatkan melalui hal istilah tersebut. Banyak yang memanfaatkannya sebagai bentuk penerapan hal lain yang di gunakan di web atau blog sendiri, sebagai halaman yang disponsori atau dibayari khusus dengan berbagai ketentuan yang khusus juga. Iklan atau ad juga banyak berpengaruh terhadap daya unggul di dalam format sistem yang ditampilkan dan diukur juga melalui kemampuan web atau blog yang dapat menampung hal tersebut.


                      Berasal dari ketentuan yang disediakan oleh penyedia iklan sendiri atau membuat sendiri untuk menambah pasar di sistem jaringan internet. Terkadang di dalam hal membuatnya bisa secara otomatis atau manual di dalam kemunculannya. Dengan pengaturan yang khusus apabila memilih jalan format otomatis di dalam penyedia yang sudah tersedia dan dalam hal manual yang bisa terekspos otomatis ke dalam sistem tanpa bantuan si penyedia juga.   


8. Page One


                        Merupakan hal di mana konten artikel di dalam blog atau web dapat mudah di temukan di mesin pencarian google secara urutan nomor pertama, meskipun konten dibawahnya mengandung kupasan bahan artikel yang sama. Dengan pencarian jenis judul, isi dan penjelasan bahan yang di cari oleh orang lain dapat di ketahui dalam posisi pertama secara langsung. 


                             Page one sendiri di kaitkan dengan urusan orang lain di mana ingin mencari bahan artikel yang pas dan tiba - tiba menemukan di bahan pencarian secara kata kunci dan judul artikel yang dia kaitkan dalam pencarian secara otomatis terdeteksi. Biasanya secara produktif di sistem tidak semudah menemukannya di dalam urutan pertama, karena harus bersaing secara bahan artikel yang sama di posting dalam google. 


9. SEO Friendly


                     Pernah membuka halaman artikel yang tidak pas secara ukuran layar, gambar dan ukuran huruf yang tidak pas, ketika membukanya dengan gadget secara desktop atau mobile. Nah, itulah yang di namakan seo, di mana tampilan artikel tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah di posting, terutama berpengaruh terhadap template blog atau web yang di pakai.


                        Dengan hal itu, belum termasuk ke dalam hal konten yang seo friendly dengan keadaan tersebut, si pemilik web atau blog di haruskan mengubah pada bagian pengaturan di dalam setingan tampilan template tertentu atau mengganti template tersebut. Agar tampilan postingan di dalam artikel secara pembukaannya di dalam tampilan desktop dan mobile dapat menyesuaikan, dan bisa dikatakan web atau blog secara seo friendly secara tampilan keseluruhannya.


                            Begitulah mengenai istilah penting di dalam hal bermain blog, di mana bisa menjadi pelajaran dan istilah baru yang bisa menjadi bahasan atau sebutan baru di dalam hal pengeblogan. Bagi yang merasa memiliki istilah baru selain penjelasan di atas, bisa kasih saran dan komentar di bawah ini. Selamat menginspirasi


2 komentar:

  1. oh banyak banget ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu baru di arttikel saya,,sbnernya ada yang lebih dari itu...

      Hapus