07/03/20

Manfaat penggunaan Guitar Link untuk gitar plug in

            Dari perangkat jatuh ke colokan, dan masuk ke sebuah software, itulah yang di namakan soundcard. Soundcard merupakan perangkat audio input yang digunakan untuk mengubah suaranya agar terhubung dengan baik dengan perangkat. Meski terlihat baru, ada juga yang menyebutnya dengan istilah audio interface yang berguna. Medianya yaitu digunakan dari audio interface tersebut ke sebuah perangkat komputer, kemudian beralih ke sebuah speaker tertentu.


              Audio interface juga tidak sendiri, ada colokan instrumen tertentu yang perlu di sambungkan ke alat tersebut. Adalah instrumen musik, yang dihubungkan ke alat itu dengan ukuran jack sesuai dengan ukuran lubang yang di sediakan dari audio interface. Meski memiliki lubang jack yang banyak, terkadang mempengaruhi jenis channel yang disediakan pula.


ardywidyak.blogspot.com


              Banyak variasi multi - audio channel, salah satu ada yang hanya cukup satu jenis channel dan praktis. Seperti yang akan di jelaskan disini adalah Guitar Link. Khusus untuk instrumen gitar tentunya, tapi bisa difungsikan sesuai dengan kebutuhan lainnya. Tapi tetap sama dengan hubungannya dengan soundcard biasa, yaitu sama - sama menggunakan colokan usb yang dapat disambungkan ke dalam perangkat komputer. 




                 Secara manfaatnya tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat dari penggunaan guitar link yang fungsinya bisa dijelaskan di bawah ini. 

  
1. Bisa di hubungkan dengan smartphone


                Selain digunakan di dalam perangkat komputer, alat ini bisa di pakai untuk jenis android dan ios. Dimana smartphone tersebut, sudah support kabel otg dan tentunya minimal android oreo. Dalam caranya, tinggal install software amplitube, jalankan, dan colokkan kabel otg bersama dengan guitar link tersebut. 


2. Dapat saling disambungkan dengan microphone


             Fungsinya tak hanya untuk menyaring audio jenis instrumen gitar saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk menyolokkan kabel microphone. Tapi biasanya khusus dengan kesesuaian dari jenis microphone yang dapat di sambungkan dengan alat itu.


3. Dapat saling disambungkan dengan keyboard atau midi controller 


                Karena alat ini memiliki jenis colokkan khusus berjenis jack pada umumnya, alat ini juga bisa disambungkan dengan keyboard atau midi controller, yang memiliki jack khusus yang tentunya sesuai juga.


4. Disambungkan dengan bass juga bisa


            Karena bass juga memiliki jack yang sama, alat seperti guitar link ini, juga dapat di hubungkan satu sama lain dengan alat musik seperti bass. Bass apapun bahkan akustik sekalipun.


5. Mini fungsi daripada soundcard biasa


                 Pada umumnya jenis audio interface memiliki multi-channel yang mana memiliki lubang colokan jack tertentu yang memiliki lebih dari satu jack. Tetapi alat ini berbentuk sangat simple, kecil dan tidak berat. Dan memiliki cukup satu channel atau jack saja. Apalagi bisa di gunakan untuk satu jenis instrumen saja, dan sangat praktis. 


                Begitulah beberapa manfaat lain dari penggunaan guitar link usb, yang mana sebagian besar penggunaannya juga tidak mungkin sendiri dalam kebutuhannya. Ada kebutuhan tambahan lainnya seperti software khusus seperti fl studio, amplitube, guitar rig dan lain - lain. Yang mana juga sebelumnya sudah menginstall koneksi khusus antara guitar link dengan perangkat multi seperti  komputer atau laptop. Selamat mencoba dan selamat menginspirasi


0 komentar:

Posting Komentar