31/12/19

Nasi goreng pulen, Mau coba??

           Memasak merupakan kegiatan umum yang wajib dimiliki oleh orang, terutama bagi orang yang sudah berumah tangga agar saling mengandalkan dan bermanfaat satu sama lain di dalamnya. Apalagi merupakan hal yang biasa di miliki oleh ibu - ibu yang sudah bersuami dan mempunyai kebiasaan tersebut. Tetapi kebiasaan tersebut, terkadang tergantung dari kemampuan di dalamnya, ada yang harus berbelanja di luar rumah dan menikmati makan di luar rumah, hanya karena ingin menikmati suasana berbeda dari biasanya.


         Padahal memasak adalah hal yang wajib, apabila dalam keadaan darurat di rumah, harus memasak sendiri dan harus mandiri, meski harus melihat bahan masakan yang diperlukan sudah tersedia. Namunnya lagi, meski memasak di rumah sendiri, pastinya ada inovasi baru di dalam hal memasak sendiri yang berbeda dari masakan yang di jual di tempat makan atau warung makan tertentu. 


ardywidyak.blogspot.com


          Inovasi tersebut ada berbagai macam jenis masakan, yang terkadang jarang orang ketahui, seperti hal baru dan belum terjamah oleh orang luar. Yaitu adalah nasi goreng pulen, yang mana bisa di prioritaskan sebagai nasi goreng yang tak biasa dan berbeda dari yang lain. Dengan mengambil konsep pembuatannya yang seperti biasanya hanya saja cara memasaknya yang berbeda dan ada sedikit tambahan yang bisa di tambahkan sendiri atau sesuai selera.


            Mengambil dari bahan nasinya yang agak pulen dan agak lengket, yang bisa di jadikan unsur lain seperti yang ada di konsep pembuatan nasi goreng pulen itu sendiri. Dengan bahannya yang mudah di dapat dan rumahan, pokoknya tidak usah khawatir, dan yang akan di bahas seperti di bawah ini. Yuksss


1. Menyiapkan bahan - bahan dasarnya dulu, dan jangan lupa berbelanja apabila ingin mencobanya. 


  • Sepiring nasi putih pulen yang sudah dikukus.


ardywidyak.blogspot.com


  • 5 cabai merah atau rawit, 2 bawang merah, 1/4 sendok makan micin, 1/2 sendok makan garam dapur, 1 bawang putih, 1 butir telur ayam, 2 sendok makan kecap manis, minyak goreng secukupnya atau sekitar 110 ml, dan 80 ml air putih biasa.


ardywidyak.blogspot.com


  • Tambahan bahan lain sesuai selera ( mie goreng yang sudah di goreng, ayam suwir, tomat, wortel, kubis, daun bawang ), kemudian bahan tersebut di campur menjadi satu di dalam cobek. Kemudian di larutkan bersama - sama di dalamnya.

ardywidyak.blogspot.com


2. Panasi minyak goreng, lalu gorengkan telur model telur ceplok, sampai di iris di wajan jangan sampai hancur, atau boleh di buat seperti dadar juga tidak apa - apa.


ardywidyak.blogspot.com


3. Masukkan bumbunya yang sudah di uleg, bersama telur yang sudah di goreng tadi.


ardywidyak.blogspot.com


4. Masukkan nasi putih pulen, kemudian aduk hingga rata lalu tambahkan kecap dan air putih. Dan jangan lupa bila ingin menambahkan toping di dalamnya, lalu silahkan tambahkan sendiri sesuai dengan selera.


ardywidyak.blogspot.com


5. Setelah itu, siap disantap dan di sajikan. Jangan lupa lagi tambahkan bawang goreng bila perlu.


ardywidyak.blogspot.com


           Itulah beberapa caranya, yang mana bisa di coba di rumah dapur sendiri. Usahakanlah gunakan nasi putih yang sangat pulan dengan pembuatannya, menggunakan beras yang di campur dengan air putih yang agak banyak, dan jangan terlalu membuat lengket.


2 komentar: