29/01/20

Daur Ulang Senar bekas, berikut caranya

             Senar atau orang bule biasa menyebutnya dengan kata string. Sangat berguna bagi jenis musik berinstrumen melodi atau rhythm seperti gitar, bass, biola, cello, contra bass, sitar, rebab dan lain - lain. Instrumen jenis tersebut memiliki beragam cara untuk memainkannya, ada yang dipetik, digesek bahkan juga ada yang di strumming, atau kebanyakkan cara orang sebutkan dengan sebutan istilah genjreng. Instrumen tersebut sangat berguna di berbagai paduan multi player instrumen yang lain. Khasanah tampilan pertunjukkannya bisa dimainkan dalam bentuk seperti didalam ansamble, solo, combo dan orchestra, yang banyak diapresiasikan ke sebuah tempat khusus bahkan di tempat umum. 


                Tampilan pertunjukkan tersebut juga ada yang harus diatur secara format resmi bahkan tidak resmi, contohnya didalam format resmi setiap instrumen terkait di jadikan satu dalam kelompok atau grup yang sudah ditentukan dalam letak posisi pemainnya, juga terkadang diatur sesuai dengan bentuk ruang suara atau dalam istilah musik biasa disebut akustik. Dilihat didalam cakupan ruang secara indoor yang berkarakter lebih diutamakan untuk pertunjukkan khusus. Sedangkan format tidak resminya, instrumen lebih bebas dalam jumlah pemainnya dan akustik ruang yang diperlukan, biasanya terlalu outdoor dan lebih keleluasaan suara yang sanggup didengarkan lebih dari artian sebelumnya.


ardywidyak.blogspot.com


                Jumlah instrumen yang dalam format resminya bisa lebih dihitung dan lebih tertata rapih sesuai kebutuhan instrumen lain selain yang dijelaskan diatas. Yaitu adanya tambahan rhythm dalam format instrumen perkusi dan lain-lainnya. Sedangkan format tidak resminya terkadang tidak bisa dihitung dan bebas dalam jumlah pemainnya dalam pertunjukkan umumnya. Tetapi instrumen yang menggunakan beberapa format instrumen bersenar tersebut jarang digunakan dan masih bisa digantikan dengan jenis instrumen yang lain, yang sanggup didukung dengan musik yang akan ditampilkan.


           Mengenai hal itu, pondasi hal yang paling diperlukan dibeberapa instrumen yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu memerlukan hal tentang perawatan atau pemeliharaan yang sangat rutin agar senar tersebut tidak mudah lapuk, dan berkarat. Terkadang orang cenderung hanya menggantikannya saja dengan senar baru. Tetapi terkadang ada yang masih bisa digunakan meskipun masih berkarat dan tidak lapuk atau renggang. Ada orang yang menyebutnya dengan istilah restorasi atau daur ulang, yang merupakan barang atau sesuatu hal yang sudah digunakan, kemudian di daur ulang atau di daya gunakan kembali tetapi melalui tahap pembersihan yang dilakukan. Tetapi lagi, tidak usah khawatir kalau belum mengerti caranya mengenai hal tersebut, dibawah ini akan memberikan caranya :


1. Siapkan beberapa buah senar yang sudah berkarat dan usahakan jangan yang sudah renggang atau sudah mulai putus.


2. Siapkan air mendidih secukupnya dalam panci besar atau kecil.


3. Masukan beberapa senar yang sudah berkarat tadi ke dalam air yang sudah mendidih tadi.


4. Tunggu beberapa menit kurang lebih 5 - 10 menit, kemudian keringkan senar hingga kering.


5. Siapkan sabun pembersih (yang biasa untuk membersihkan panci yang sudah menghitam)wajan atau panci, kemudian oleskan sabun tadi ke senar secara satu persatu, sambil di gosok-gosok hingga warnanya berubah menjadi putih.


6. Bilas dengan air biasa hingga kering. Dan siap untuk digunakan kembali. 


           Begitulah beberapa caranya yang bisa dijadikan hal daur ulang dalam contoh jenis instrumen yang menggunakan perantara senar dalam memainkannya. Istilah yang dimaksudkan juga bisa disingkat ke dalam istilah restorasi. Dan mungkin ada yang sudah mengetahuinya atau belum mengetahuinya. Semoga dengan penjelasan diatas dapat memberikan manfaatkan bagi readers sekalian. Thank to read


<

0 komentar:

Posting Komentar