08/01/20

Buah alpukat sebagai alternatif bahan dan sumber bermanfaat

              Alpukat merupakan buah yang kaya akan serat, bervitamin B, memiliki kandungan lemak dan protein yang lumayan tinggi. Alpukat sering di santap, di buat jus, dan sebagai tambahan bahan untuk membuat masakan tertentu. Karena alpukat memiliki rasa tawar, dan gurih, alpukat banyak di gunakan untuk menu makanan penutup atau sarapan di pagi hari, juga bisa menjadi bahan tambahan di setiap masakan khusus yang membutuhkan kuah kental, pengganti santan kelapa.


ardywidyak.blogspot.com


          Meski buah tawar yang mengenyangkan, alpukat juga sering digunakan sebagai buah penambah vitalitas dan penambah berat badan. Karena porsinya yang dapat mengenyangkan perut tersebutlah alpukat menjadi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Makanya cocok untuk dijadikan sebagai tambahan bahan menu masakan yang enak dan bisa menyerap masakan dengan baik secara pembuatannya, juga sebagai pengganti bahan santan kelapa dan daun pandan yang beralternatif tawar dan mudah di buat dengan alpukat tersebut.


  • Yaitu seperti di dalam pembuatan sayur sambal balado :



1. Siapkan alpukat yang sudah di blender atau di giling.


2. Siapkan bumbu tertentu ( untuk pembuatan sambal, seperti : cabai merah, kunyit, daun salam, garam, gula pasir, micin secukupnya, bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan serai ). 


#Catatan penting 


*Bahan tersebut bisa ditambahkan dengan lengkuas, jahe, dan asam, bisa ditambahkan dengan daun bawang, selada, kol, kubis, dan terasi sesuai dengan kebutuhan.


3. Seperti biasa bahan tersebut di uleg menjadi satu, jangan satukan dengan kunyit, daun salam, serai di dalam olahannya.  


4. Tiriskan bumbu tersebut ke wajan dengan menggunakan minyak secukupnya, kemudian campur aduk dengan menggunakan alpukat yang sudah di blender.


5. Kemudian sajikan di dalam mangkuk, dan siap di hidangkan.


  • Sayur terong balado, caranya seperti berikut :



1. Siapkan terong, dengan irisan sesuai dengan keinginan, atau dibuat potongan membelah.


2. Siapkan bahan bumbu secukupnya, seperti langkah di atas di dalam pembuatan sambal balado.


3. Tiriskan bumbu hingga matang, kemudian masukkan terong yang sudah di olah sesuai dengan keinginan, jangan lupa masukan buah alpukat yang sudah di giling hingga tercampur aduk dengan bumbunya.


5. Dinginkan, dan siap untuk di santap dan di sajikan.


  • Kegunaan lain dari buah alpukat tersebut, ada juga yang bisa di buat untuk tambahan bahan menu pembuatan kolak, atau sup buah yang kental. 




1. Siapkan alpukat yang sudah di kerok dari kulitnya.


2. Siapkan gula pasir ( gula jawa juga boleh ), santan kelapa dan susu, dan didihkan bersama kemudian masukkan alpukat tadi, selanjutnya panasi hingga 10 menit.


3. Terakhir tinggal dinginkan dan siap untuk di santap.


  • Selain itu, ada juga yang di buat seperti yang lain, yaitu alpukat kuah susu, yang cara pembuatannya seperti di bawah ini :



1. Siapkan alpukat matang yang sudah siap untuk di jadikan bahan pembuatan.


2. Siapkan susu sachet kental manis, coklat dan air secukupnya dan gula pasir biasa.


3. Seduh semua bahan tersebut menjadi satu di dalam mangkok biasa. Kemudian aduk hingga rata.


4. Kerok alpukat dengan menggunakan sendok makan, dan campur aduk dengan kuah yang sudah di campuri seperti diatas.


5. Siap untuk di santap dan di sajikan sebagai sarapan pagi. Bisa juga di masukkan di dalam kulkas hingga menjadi dingin dan segar. 


             Dengan kegunaan alpukat yang bermacam - macam dan beraneka ragam tersebut, alpukat bisa menjadi sumber alternatif bahan yang mengkhasiatkan. Dan bisa di jadikan inovasi olahan masakan terbaru yang bisa di buat tanpa dengan bahan lain. Semoga alpukat dapat bermanfaat buat para readers sekalian dan selamat mencoba. Terima kasih


4 komentar:

  1. aku suka banget alpukat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya trima kash udh baca..saya juga suka kalau lagi pengen gemuk...

      Hapus
  2. mantab gan artikel nya

    mampir juga ke
    gohealth.web.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap juga gan, sering share di grup jg kita...


      udh tadi kak..salam kunjung balik........

      Hapus