25/12/19

Lagu Misterius dan dampak akibat setelah mendengarnya

         Lagu diciptakan sebagaimana mestinya, dengan karakter yang berbeda-beda. Menghasilkan kebahagiaan, kesadaran, kesedihan, terapi dan alternatif kegalauan semata. Tetapi lagu bisa menjadi arah hipnotis dan manipulatif diri (atau mendengarkan secara bersama-sama) dengan tuaian karakter aneh, merangsang pendirian dan bahkan brutal responsif.


ardywidyak.blogspot.com


           Konon lagu juga bisa menjadikan seseorang menjadi robot teka-teki, diantara impian pengubah pendirian dan bahkan lagi nasib untuk menjadi diri sendiri atau orang lain merasa canggung dan kaku. Maklum lagu adalah sebuah suara dari keheningan tak lantas seperti sebuah karya dari John Cage, dengan 4'33'' yang sangat diam bahkan yang mendengarnyapun ikut diam.


Baca Juga :  Musik Karakter Si Pembuat Ketenangan Hati


            Tetapi lagu yang lain juga ada beberapa dampak yang bisa ditimbulkan setelah mendengarnya, selain dari karya John Cage. Yaitu mengenai dampak yang baik bahkan lebih buruk buat pendengarnya, seperti dibawah ini:


1.  Karl Mayer


ardywidyak.blogspot.com


           Sebuah lagu berdurasi sekitar 3 menit 34 detik ini, menyanggupi kepada setiap orang yang ingin mendengarnya menjadi takjir akan akibat dan dampaknya. Seperti depresi, hyperaktif, brutal, dan bahkan menjadi seorang penjahat. Lagu yang bermula dengan jeritan dan ringkikan suara manusia dengan frekuensi super-high ini, membuat sesorang merasa pusing dan bahkan emosional. 




2.  Gloomy Sunday


ardywidyak.blogspot.com


           Lagu yang terkenal dari suatu halaman situs anti proxy ini, cukup membuat orang lupa akan kebahagiaan. Secara penciptanya adalah seorang tahanan barter dari negara eropa, disaat peperangan serikat terjadi, wabah penyakit, dan krisis ekonomi rakyat yang tidak signifikan. Kejadian tragis yang dialami oleh penciptanya mendorong orang tidak pernah mengenal dengan waktu, bahkan kehidupan di dunia, dan ingin menjadi orang memberontak dimasa itu. Dampak dari lagu ini orang merasa minder, tidak berpendirian dan mudah merenung.


         Meskipun sosok dari lagunya itu sendiri adalah musik pop balada, tetapi sanggup menguasai perasaan yang ada didalam diri seseorang yang mendengarnya hingga kesedihan yang tak terbendung. Rangkaian dari hipnotis yang tertular dari lagu tersebut bisa menimbulkan efek yang tidak berani, takut untuk melakukan sebuah kesalahan.




3.  Schindler's list Theme


ardywidyak.blogspot.com


           Sama persis dengan tuaian yang ditimbulkan dari lagu gloomy sunday. Kontroversi lagu ini, didebut untuk sebuah karya film yang menceritakan seseorang yang berjuang keras untuk membuat sebuah sistem lapangan pekerjaan hingga deportasi wilayah secara tak wajar, tanpa ampun dan hingga satu dari sebagian mereka adalah penolong.


           Musik karya dari seorang yang bernama John William ini, memberikan alur prolog lagu yang menyentuh hati, merasa iba dan kasihan hingga klimaks melodi yang sangat tinggi nadanya dengan basis pemain violinis yang bernama Itzhak Perlman.


         Secara dampak lagu ini memberikan gambaran tentang kepedihan, kesedihan, dan teka-teki kehidupan. Apabila ingin merasa menjadi orang yang cengeng lagu ini sangat cocok untuk didengarkan.





4.  Time Traveller dari Jay Chou



ardywidyak.blogspot.com


          Dari sebuah film movie negara cina, yang berjudul Secret, yang berkisah tentang seorang pianis yang berjumpa dengan wanita impian dari dimensi waktu yang berbeda. Usut punya usut cintanya menuai hingga si pria menemukan jalan mati secara tragis di sekolah yang dia embani.


              Karakter musik yang hanya berbasis instrumen piano ini, ternyata mengandung hipnotis juga apabila seseorang yang mendengarkan lagu ini, akan merasa merasa bernostalgia tentang masa lalunya dan membuat stress di pikirannya. Meskipun hanya sebatas piano, soundtrack dari film Secret ini, yaitu yang berjudul Time Traveller, pengaruhnya sempat mengusik di kehidupan nyata bahkan di alam bawah sadar setiap manusia yang mendengarkannya.




2 komentar:

  1. Cuma tau Gloomy Sunday, dan paling akrab sama lagu itu (meskipun sampai sekarang belum pernah denger)..

    Antara pengin buktiin atau nggak sih jadinya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu yang nomor pertama, yang paling terasa mas,,apalagi di dengerin pas waktu lampu mati sambil pake headset bang..cobain deh pasti serem......

      Hapus