26/11/19

Jenis - jenis hantu yang terkenal di Indonesia

             Hantu dalam tatanan jenis rupa dan bentuknya adalah semacam makhluk hidup yang hidup di antara orang-orang yang mempercayainya dan bisa menjadi yang paling terkenal selain dari daerah asal yang mereka percayai. Konon hantu merupakan wujud dari sebagian kematian manusia dari dunia nyata. Kisahnya memiliki berbagai macam jenis cerita menurut kematian dan bentuk cara mereka mati setelah menjadi manusia.


            Hantu bisa dijadikan sebagai penglaris atau pewaris dari orang yang sering memakainya, entah dari jenis rupawan mereka dalam menunggu di suatu tempat, barang atau jasa mereka, dan ada dari sebagian dari mereka di pakai untuk menjalankan tugas sesuai dengan seseorang inginkan. Ada juga untuk sekedar balas dendam bahkan untuk mendapatkan pasangan hidup. Hantu muncul dalam keadaan dimana orang jarang menyinggahi suatu tempat sepi atau di tempat makam yang tidak pernah di ziarahi. 


ardywidyak.blogspot.com


           Tugas-tugas mereka dan berbagai macam bentuk mereka, memiliki cerita dibalik sumber kemunculan mereka. Ada yang cuma legenda, mitos, dan dongeng. Banyak sisi gelap mereka yang bisa dihimpun menjadi sebuah cerita sesuai dengan kemunculan mereka. Apabila ada orang yang pintar atau banyak orang menyebutnya sebagai seorang paranormal yang bahkan bisa dijadikan tumbal nyawa dan perkasa jiwa bagi seseorang yang menginginkannya.


              Namun, hantu yang digandrungi oleh kebanyakkan paranormal biasanya banyak yang berasal dari suatu kejadian kematian yang pernah terjadi, dan biasanya juga diambil dari kisah kecelakaan tragis. Dari hal tersebut, berbagai penampakkan akan bermunculan dan terkadang ada seseorang yang secara sengaja atau tidak sengaja merekam mereka dari beberapa pergerakkan dari wujud mereka. Tetapi dari jenis - jenis wujud mereka mungkin pasti ada yang sudah mereka pahami secara pengertian atau masih hanya sebatas pengertian dari hal penampakkan dari wujud mereka, atau bahkan ada yang masih belum, yang akan dirangkum di dalam jenis - jenis hantu yang terkenal terutama di negera Indonesia, seperti dibawah ini:


1. Kuntilanak


ardywidyak.blogspot.com


               Hantu atau setan ini sering orang menyebutnya dengan sebutan kuntilanak. Setan sekaligus hantu ini bisa bergentayangan didalam kebun, rumah dan berbagai tempat angker nan sepi. Eksistensinya lebih banyak muncul di dalam makam bekas kuburan wanita yang sudah mati. Bahkan ada yang tinggal di tempat kronologi bekas kecelakaan yang sudah diidentifikasi. Terkadang muncul dengan suara cekikikan di malam hari apabila sosoknya muncul, dengan sekelebat atau bertebangan disekitar pohon atau di sudut tempat sepi dan tak berpenghuni.


2. Pocong


ardywidyak.blogspot.com


            Setan ini lebih mirip seperti bungkusan warna putih dan bermuka rusak terkadang bermuka sangat hitam pekat. Terkadang juga dengan mukanya yang nampak berwarna putih bersih dan bersinar. Pocong identik di tempat kuburan yang sunyi dan baru di makamkan. Setan ini lebih muncul di sekitar pohon pisang dan tempat yang terkenal dengan pohon-pohon yang rindang nan lebat. Konon ceritanya hantu ini bisa dijadikan tumbal si mata wayang bayi yang baru lahir. Bahkan ada yang digunakan untuk menghantui suatu tempat yang dianggap keramat atau pengasihan untuk dijadikan pengawet muda si pengharap setan tersebut. 


3. Genderuwo


ardywidyak.blogspot.com


         Setan ini memiliki wujud sangat mengerikan, seperti hantu leak dari Bali. Namun konon katanya hantu ini merupakan jelmaan dari dewa-dewanya orang hindu yang sedang mengawasi setiap pergerakan orang yang memiliki itikad buruk terhadap orang lain. Dan biasanya setan ini digunakan untuk ritual penyantetan yang sangat keji. Sebagai pengganti si dukun untuk melancarkan aksinya, selain dalam dirinya. Hantu ini lebih banyak muncul di berbagai tempat terpencil atau jauh dari keramaian. Wujudnya seperti jin hitam pada umumnya, dan memiliki kekuatan yang sangat magis, dengan jari jemari yang sangat panjang nan runcing, dan juga giginya yang menjulang panjang ke bawah, seperti jenglot.


4. Jin 


ardywidyak.blogspot.com


         Hantu jin biasanya banyak di sebut oleh orang yang beragama terutama di dalam orang yang beragama islam. Memiliki wujud yang hampir sama dengan pengertian diatas, namun jenisnya lebih tak kasat mata dan tidak dapat digapai oleh orang biasa. Jin juga katanya merupakan jelmaan orang pendusta di dunia, tetapi juga menguntungkan dan biasanya dimanfaatkan oleh orang yang ingin memanfaatkannya sebagai jelmaan lain, yang bisa memberi kutukan kepada orang lain. Wujudnya yang sangat halus dan bahkan bisa berubah wujud bermacam-macam ini, juga terkenal dengan ulah si pembuat orang lain menjadi kesurupan.


5. Banaspati 


ardywidyak.blogspot.com


             Lain dari setan atau hantu diatas yaitu perbedaannya sangat menonjol di dalam bentuk wujudnya yang bisa terbang dan mengeluarkan cahaya seperti matahari. Hantu ini lebih banyak muncul seperti kilatan atau bulatan cahaya merah atau bahkan kuning seperti api yang membara. Setan dengan wujud bola api yang terkadang bisa berubah bentuk seperti api membara ini, bisa membakar apa saja dihadapannya apabila bertemu dengan setan tersebut. setan yang juga merupakan jelmaan dari dewa matahari ini merupakan jenis hantu yang jarang orang bisa temui wujudnya.


6. Siluman


ardywidyak.blogspot.com


            Seluk beluk dari jelmaan manusia ini, terkadang menjadi bahan antusiasme masyarakat dikalangan orang-orang yang kadang banyak orang yang menceritakannya. Katanya juga menggunakan berbagai macam ritual di dalam perubahannya. Wujudnya bak seperti seorang manusia yang akan haus darah dan seperti ingin memakan daging makhluk hidup lain ketika sedang berhadapan dengannya. Untuk menjadi siluman, didalam upacaranya terdapat pantangan khusus yang diberikan oleh si dukun. Sumbernya hampir sama dengan hal menjadi babi ngepet, yang mengharuskan si mediator dengan beberapa ritual dan pantangan khusus agar ilmunya bisa ampuh dan kebal. 


7. Suwanggi


ardywidyak.blogspot.com


             Mirip persis dengan hal mengenai wujud seperti diatas, tapi tujuannya lebih mematikan orang dalam keadaan apapun. Asal nama dari hantu tersebut, diambil dari ranah tanah papua yang terbilang mulai populer hingga di tanah jawa. Sasarannya adalah apabila ada orang yang sedang merasa berduka, maka berarti ada orang lain yang akan mengalami ajal, yang sebelumnya mengalami kesakitan yang tidak diketahui penyebabnya. Dan hantu ini merupakan jelmaan orang - orang pendendam dengan mengirimkan suwanggi kepada si korban untuk dibunuh, dengan cara memakan jiwanya sampai habis dan biasanya yang jadi tujuan utamanya adalah di bagian organ dalam manusia, terutama di bagian dalam organ perut manusia yang selain jiwanya juga dijadikan sebagai santapan untuk dimakan. 


8. Wewe gombel


ardywidyak.blogspot.com


            Wujudnya menyerupai ibu-ibu besar yang bentuknya menyeramkan dengan payudaranya yang sangat besar dan memanjang hingga kebelakang tubuh badan wewe gombel tersebut. Eksisnya di dalam hutan belantara yang sangat sepi dan jarang orang yang biasa melewati, menempati bahkan bertandang. Terkadang juga bisa menempati tempat yang dahulunya ada penghuninya yang sebelumnya tinggal di tempat tersebut. Wewe gombel sendiri biasanya suka menculik anak - anak kecil, dengan menghalusinasi mereka dengan kesadaran yang tak sadarkan diri dan membujuk anak tersebut untuk mengikuti dirinya, hingga tidak bisa pulang ke rumah asal anak kecil tersebut.  


7 komentar:

  1. ternyata banyak jenisnya yah, ternyata saya kudet juga nih masalah perhantuan, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah,,terima kasih udah baca tulisannya..

      Hapus
  2. kayaknya yang paling lengkap hantunya hanay di indonesia deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah,,jangan sering menghantui yahh..

      Hapus
  3. Kalau baca kata kuntilanak teringat sama suami kasih cara simpel melawannya dengan gak takut saat dia tertawa sebab tawanya itu butuh energi besar. Jika kita takut maka energi ketakutan kita malah diambilnya kita lemes karena energi kesedot dia nya seneng dapet energi dari kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh,,setannya suka nyedot jadinya mba..hehe

      Hapus
  4. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ & QQ ONLINE Terbaik di masanya

    9 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855 977 509 035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ

    BalasHapus