20/11/19

Membuat Pola bersuara Contrabass-line Fl studio 12


            Sesuai dengan judulnya pasti sudah tahu yang akan saya terangkan dan terapkan di blog ini. Sebelum saya memulai, saya akan menjelaskan beberapa konsep yang akan dibutuhkan untuk membuat pola contrabass-line yang dibuat didalam sebuah software Fl studio 12 (yang belum upgrade bisa pakai versi sebelumnya).


        Yang pertama, siapkan software fl studio (versi berapapun), sangat berarti untuk meninjau kebutuhan yang utama,dan aspek penting didalam percobaan membuat pola contrabass-line nanti. Yang kedua, persiapkan menu sample anda, terutama sample sytrus (intinya suara sample berjenis seperti bentuk suara contra-bass/operator bass), yang ada di tampilan menu sample.



ardywidyak.blogspot.com


          Sebelum saya mulai, apa fungsi dari menggunakan sample contrabass-line?kegunaannya adalah sample contrabass yang akan digunakan di menu sample yang berupa gambar pola (line), yang nantinya membentuk seperti suara permainan contra bass, sehingga membentuk pola yang dinamakan bass line. Nah setelah itu, bagaimana bentuknya, mari kita mencoba.


    1.  Buka software Fl studio yang tadi sudah disiapkan, dan buka menu sampler seperti tanda gambar dibawah ini, kemudian pilih “sytrus”=>”X Nucleon”=>”Bass”=>”Operator bass”.

Langkah 1


ardywidyak.blogspot.com



 

Langkah 2


ardywidyak.blogspot.com

Langkah 3


ardywidyak.blogspot.com


2.  Setelah muncul di menu sampler, klik kolom sampler (sesuai baris yang bertuliskan sytrus dibagian kanan icon sytrus/kolom kedua disebelah kanan), kemudian buat pola dan pilih nada bebas (sesuai tuts piano dikolom kiri) atau misal contohnya seperti gambar dibawah ini.


ardywidyak.blogspot.com


ardywidyak.blogspot.com


3.  Tambahkan line hijau disebelah line hijau (menjadi ukuran kecil). Dan atur seperti pada gambar dibawah ini.


ardywidyak.blogspot.com


        Seperti itulah caranya, apabila suaranya masih rancu, paskan didalam hal meletakkan line hijau secara rapi dan sesuai dengan batas kolom hitam tegak horizental menurut gambar diatas atau mungkin ada yang masih bingung dengan teknik seperti diatas, silahkan beri komentar kolom dibawah ini. Trimsss



0 komentar:

Posting Komentar