06/10/19

Peak Controller, Coba deh di Fl Studio 12

        Cenderung automatis tetapi tetap edit soundnya harus manual, hanya saja masih digital di desktop, yaitu Sidechain. Berada di suatu tempat pergerakannya di mixing desktop saja, Kalau menurut saya automatic clip harus perlu menggambar di bagian playlist (seperti artikel lalu. Membuat Automatic Clip di FL Studio 12, tetapi sekarang hanya menyetting secara sedikit manual yaitu dibagian mixer digital.


        Fungsinya sama, hanya mengubah sinyal di settingan mixer (nanti akan dijelaskan), yaitu dengan beberapa penerapan kalau harus secara mix drum dan snare saja, bahkan satu perangkat sampler sanggup bergerak-gerak automatis di papan mixer tanpa adanya sentuhan apapun.


ardywidyak.blogspot.com


           Misal, dengan cara drum yang akan dimix dari dinamik sound yang rendah ke sound yang lebih tinggi. Namun tidak ada gabungan dengan sample instrumen yang lain. Dan caranya seperti pada penjelasan dibawah ini:


1.  Buat drum di bagian menu playlist secara manual atau boleh secara drum pack (yang tersedia di sidebar kiri di bagian menu playlist). Klik kiri, tahan dan geser mouse dari bagian submenu "Loop"=>"Pilih sesuai yang diinginkan (misal saya ambil contoh "DL Glitch"), kemudian letakkan di kotak kanan playlist secara pas dengan batas garis kiri atau dari kanan.


ardywidyak.blogspot.com


2.  Pindah tampilan menjadi menu sample, Klik pada icon toolbar dikanan atas. Lalu isi kolom angka sebelah kiri kotak sample dengan angka "1", kemudian buka menu mixer di icon toolbar sebelah kanan atas.


srdywidyak.blogspot.com


Icon pengubah tampilan sample menjadi menu playlist dan sebaliknya.


ardywidyak.blogspot.com


3.  Setelah terbuka, sample drum di playlist tadi menunjukkan sudah masuk di setingan mixer sesuai tambahan nomor, maka buka salah satu "slot" list dibagian kanan terserah mau pilih nomer brapa "slot 1, atau seterusnya".  


ardywidyak.blogspot.com


4.  Lalu pilih "select"=>"Fruity Peak Controller". 


ardywidyak.blogspot.com


5.  Atur di bagian submenu "Fruity Peak Controller" bebas sesuai yang kalian atau anda inginkan (usahakan jangan atur dibagian "decay") kemudian close atau tutup submenu "Fruity Peak Controller".


ardywidyak.blogspot.com


6.  Klik kanan pada tool seperti gambar. Pilih "link to controller".


ardywidyak.blogspot.com


ardywidyak.blogspot.com


7.   Klik tanda panah, lalu pilih "sesuai yang anda atur di submenu (Fruity Peak Controller)", contohnya misal : saya akan mencoba memilih "Peak ctrl - Peak ", setelah saya atur sebelumnya di bagian submenu "Peak" tadi.

# CATATAN 

=> Peak ctrl - Peak + LFO : sesuai pengaturan jenis peak dan LFO
=> Peak ctrl - Peak             : sesuai pengaturan jenis peak
=> Peak ctrl - LFO             :  sesuai pengaturan jenis LFO


ardywidyak.blogspot.com


8.  Selanjutnya silahkan play drum yang tadi sudah diset, lalu perhatikan apakah tool di mixer tadi bergerak sendiri atau tidak. Kalau belum silahkan kroscek lagi caranya hingga benar.


0 komentar:

Posting Komentar