13/04/20

EZ Drummer, plug yang mempermudah irama

                Fl studio 12 selalu menjadi hal yang tidak lepas dari pembahasan di dalam halaman ini. Selain sangat asik untuk dijadikan tempat untuk membuat kreasi musik baru juga sangat membantu di dalam hal mix dan belajar memainkan instrumen secara utuh maupun one-instrumen. Banyak yang menyakini, cukup dengan menggunakan fl studio 12 saja, sudah seperti menjadi sound engineer atau musisi, meskipun ada hal selain kegunaan dari fl studio tersebut.


                 Bentuk tampilannya yang sangat unik dan beragam variasi instrumen di dalamnya ini, juga pastinya membutuhkan plug in yang bervariasi pula. Dengan beberapa koneksi potensio yang ada di dalamnya, memunculkan suara yang sangat banyak dan mempengaruhi suara satu dengan suara yang lain. Fl studio sendiri memiliki hal penulisan yang dapat ditulis secara manual maupun rekaman auto - record yang mudah di operasikan.


ardywidyak.blogspot.com


              Dari dalam rekamannya sendiri, bisa di mix dengan menggunakan plug in yang bervariasi, dan mempunyai jenis sesuai dengan kebutuhan. Tetapi fl studio sendiri, juga memerlukan adanya midi controller, yang mulai terkenal dan sangat cocok untuk di gunakan untuk di mainkan, dengan caranya di sambungkan dengan fl studio. Midi controller sangat banyak di jual dengan beberapa bentuk dan macamnya sesuai dengan kegunaannya. Ada yang hanya untuk workstation, recording, dan mixing. 


       Secara pengertian midi controller sendiri adalah merupakan sarana atau media untuk memudahkan di dalam hal tersebut seperti diatas. Midi controller juga tidak sendiri, harus memanfaatkan plug in di dalamnya, yang ada di dalam software fl studio 12. Yaitu contoh kecilnya adalah plug in EZ Drummer, yang akan di bahas dan sedikit memberikan referensi kegunaannya yang dapat di mainkan, seperti di bawah ini :


1. Pastinya harus memiliki software Fl studio 12 , dan juga plug in yang sudah di install di dalamnya. Kalau belum punya coba download terlebih dahulu.




#Catatan

Software atau aplikasi EZ Drummer biasanya ada yang perlu disambungkan dengan FL Studio dan ada yang tidak perlu dengan hal demikian. Makanya bisa didownload hanya cukup satu bagian saja, dan bahkan tanpa dapat dimainkan dengan midi controller atau hanya bisa dimainkan dengan keyboard komputer biasa.


2. Ada dua langkah cara mengaplikasikannya, 


Cara yang Pertama, menggambar pola basis irama drum, dengan menggambar pola curve di dalam kolom instrumen


* Klik pada tanda plus, pilih "Insert" + "EZ Drummer".


ardywidyak.blogspot.com


* Klik pada bagian kolom instrumen ez drummer, sesuai deretan kolom bernama tersebut ( biasanya di deretan C3 dalam satu set drum utuh ), lalu kenali suara drum, per bagian drumnya dengan menekan gambar tuts piano pada posisi sebelah kiri.


ardywidyak.blogspot.com


* Bisa juga digambar dengan pola drum 4/4, misal seperti gambar dibawah.


ardywidyak.blogspot.com


Cara Kedua, dengan memainkannya secara langsung dengan midi controller


* Sambungkan midi controller ke dalam software fl studio, kemudian atur settingan yang sesuai agar dapat terhubung.




* Setelah tersambung, mulai mengetes suara, dengan menekan tombol midi controller yang sudah dipasang. Kenali bentuk bagian per drumnya, seperti gambar diatas, pada cara sebelum ini.


3. Kalau sudah dilakukan dari ke semua caranya di atas, kemudian nikmati hasilnya dan selamat mencoba. Apabila ada kendala atau masalah, silahkan komen di bawah ini. 


0 komentar:

Posting Komentar