08/02/20

Do you copy? Game Review

                Semakin hari kalau membahas gameplay semakin banyak bahan yang perlu untuk di bahas disini. Yaitu seperti gameplay yang satu ini, dengan namanya yang mirip dengan hal bertanya kepada seseorang yang menanggapinya dan tidak untuk ditanggapi. Adalah gameplay "do you copy?", sepintas game yang tak perlu banyak bertindak dan hanya mengikuti alur cerita yang sudah ada di dalamnya.


                Dari pengalaman sempat berkali - kali mereview tentang gameplay ini melalui internet. Dan secara sumber yang sudah diketahui lama kelamaan tak sadar jadi penasaran dan ingin mencoba memainkannya. Dengan beberapa bahan downloadnya yang tak banyak, dan secara penuh sudah tersedia, tinggal download dan kemudian install lalu coba main di perangkat komputer yang diperlukan, yang sebelumnya mengosongkan dulu memori internalnya yaitu sekitar 30gb. 


ardywidyak.blogspot.com


                 Memang awal bermain game ini sangat nge-"lag", dan perlu di atur di pengaturan gamenya secara pengaturan pribadi, yaitu pada bagian pengaturan layar, controller dan kemudian cek gamenya buat main. Tetapi tetap agak nge - "lag", dan berimbas pada resolusi yang perlu down ulang, secara pengaturan grafis yang lebih minim dari pengaturan default atau biasanya.


            Dari tampilan di awal game ini, memang sangat halus, namun karakter dari pemain utama tidak dapat di zoom out secara tampilan datar dari belakang pemain game itu. Tetapi kalau dilihat karakternya hanya sudut pandang penggunaan matanya saja yang di perlukan, agar pemain bisa memandang luas kearah mana saja yang akan dituju. Pada bagian pengaturan konsol, si pemain di suguhkan beberapa dua tipe konsol permainannya, yaitu menggunakan mouse dan keyboard saja. 


1. Mulai coba main dari game ini


                Ceritanya kita di bimbing untuk memainkan tokoh pemain di game ini, sebagai pemandu pos malam, untuk memberikan jalur perjalanan dari seseorang yang membutuhkan bantuan di pos ini. Kemudian sang pemain tinggal menunggu di pos sampai orang tersebut datang ke pos yang dibutuhkan. Dalam game tersebut, tersedia pemancar radio, gunanya untuk menghubungkan pos satu dengan pos lainnya. Selanjutnya ada denah peta yang perlu di isi dan di arahkan secara komando radio dari pemancar radio tersebut. Apabila suara orang di dalam pemancar radio itu membutuhkan suar atau lampu penunjuk lokasi, maka tinggal hidupkan dan matikan. 


ardywidyak.blogspot.com


2. Garis perjalanan orang yang mencurigakan di dalam radio pemancar


                   Mungkin di dalam game ini memang sangat membingungkan dan terkadang sedikit timbul teka - teki. Yaitu tentang informasi "monster goat" dan orang yang pernah bertahan hidup di dalam pos tersebut, bahkan ada berita orang yang hilang secara pencarian yang sudah di ketemukan atau belum diketemukan terpampang di papan info dekat pintu pos. Secara keseluruhan ada hubungannya terhadap si pemain, dimana dirinya seperti dikuntit oleh monster goat atau hewan buas yang ada di dalam game itu, yang mungkin saja merupakan "de javu" dari pemain itu sendiri, yang secara kronologis di buat latar kejadian yang diulang dan malah menjadi sebuah permainan.


               Hal yang sering terjadi adalah manusia di pemancar radio itu, sempat bertanya bahwa dirinya kehilangan motor boatnya ketika dirinya akan menuju ke sebuah danau. Namun, arah dan lajur dari denah map yang terpampang di pos itu, ternyata adalah tinjauan perjalanan yang sebelumnya belum terisi dan seakan mulai dibuat sebuah perjalanan yang baru di curigai sebagai hal yang membuat permainan bertanda tanya.


ardywidyak.blogspot.com


3. Kejadian misterius diantara penunggu pos atau si orang panggilan di dalam radio


            Kembali tentang orang yang ada di dalam pemancar radio, ada di balik tanda tanya yang ternyata ada sumber suara lain yang nimbrung atau seakan ikut menjawab atau balik bertanya. Meskipun di dalam game itu, pemain harus menjawab dan bertanya sesuai pilihan yang terkadang harus menghantarkan kesuatu jebakan atau kebebasan dari orang yang memanggil melalui radio tersebut. Dalam sesi kedua ada kejadian misterius yang muncul, yaitu yang pertama adalah muncul mata merah di sebelah kiri, baru setelah itu yang kedua adalah suara jeritan yang seakan terdengar seperti raungan gajah atau sejenis hewan buas. 


ardywidyak.blogspot.com


           Tingkat misteri di dalam game ini adalah si pemain adalah korban di perjalanan, orang pemandu, atau monster goat itu sendiri, yang bisa ditebak dan di asumsikan sendiri. Yang mana harus mengarahkan jalurnya sesuai tinjuan di dalam pemancar radio atau seakan hanya seadanya saja. Dan ada hal yang perlu diulas sendiri oleh masing - masing pemirsa sendiri apabila pemirsa ingin mencobanya. Apalagi dari sesi gamenya lumayan menarik dari sumber jumpscare yang tidak terlalu membuat kaget di layar perangkat komputer. Selamat mencoba dan berapresiatif




0 komentar:

Posting Komentar