16/01/20

Kartun lama, bersemi kembali atau tidak?

         Tontonan di dalam televisi yang berkualitas biasanya memiliki beragam jenis tayangan yang bersifat mendidik, menghibur, menyedihkan dan ada juga yang menyebalkan bagi para pemirsanya yang menontonnya. Di dalam tayangan bersifat mendidik, biasanya berisi tentang pengalaman orang dalam segala hal, menciptakan sesuatau yang menghasilkan, pengetahuan baru, dan penelitian tentang sesuatu hal yang berkembang. Misalnya seorang anak berusaha mencari nafkah agar keluarganya sanggup bertahan hidup, atau sejarah munculnya kerajaan majapahit dan sejarah perkembangannya di Indonesia.


         Bersifat menghibur, tayangan komedi, kelucuan, atau penampilan konser musik atau acara pertunjukkan, biasanya di munculkan dengan spontan, viral dan kontroversial. Hal demikian juga di batasi dengan kadar penampilan yang di batasi, bahkan ada yang sampai memunculkan hal yang dilarang untuk di ekspos atau di sensor. Sedangkan hal yang menyedihkan biasanya taraf durasi yang panjang seperti film atau movie, bahkan ada yang hanya seputar kehidupan orang di sekitar yang kurang beruntung. 

        Bersifat menyebalkan, adanya tayangan setelah ditonton, tiba-tiba menjadi sangat membosankan, terutama hal yang berulang-ulang dan tidak berubah-ubah. Dan hal ini bisa menjadi sesuatu gosip yang berkaitan dan berkembang tetapi tidak merubah objek yang di beritakan bahkan tentang hal kontroversialnya yang sangat fantastis sebagai eksploitasi yang kekinian. Tetapi tergantung kepada si pemirsa antara ingin tetap tinggal atau pergi ketika menyaksikan tayangan tersebut. 


               Namun bukan hal itu semua yang sanggup menjadi hiburan yang terkadang tiba-tiba muncul dan tak tahu jadwal tayangan yang akan di tayangkan. Seperti adanya hiburan kartun, yang mungkin bisa menjadi takaran hiburan yang menjadi sedikit hal yang berbeda, dimana menggambar sesuatu objek dengan gambarnya yang mampu bergerak-gerak. Semenjak kemunculannya di tahun 1900, kartun sudah mulai muncul dengan virtual yang tidak seperti sekarang ini. Sebab kartun yang dirilis pada saat itu secara produksinya yang belum maksimal, karena mungkin tidak mampu secara materi dan target. 


          Hingga sampai sekarang ini, perkembangannya juga mulai seimbang dengan adanya pembaruan didalam produksi televisi yang lebih berwarna daripada jaman dahulu, tetapi tidak seperti sekarang lebih beragam dalam tampilannya. Disini juga akan membahasnya sedikit dengan beberapa kartun lama versi blog ini, yang mungkin masih eksis bahkan ada juga yang hanya tayang pada masa itu, mari kita simak :  


1. Tom and Jerry


            Sudah paling tidak asing lagi, kartun ini menjadi paling terkenal nomor 1 di dunia. Kartun yang diciptakan pada tahun 1940 ini, menceritakan seekor kucing dan seekor tikus yang suka bertengkar satu sama lain, dengan beberapa tokoh tambahan yang lainnya yaitu seekor anjing dan beberapa komplotan kucing yang super nakal, yang juga tidak kalah di dalam mengisi setiap serial kartun yang memiliki lebih dari ribuan episode tersebut.


ardywidyak.blogspot.com


               Kartun ini memiliki serial mulai dari serial junior dan serial senior. Di mana setiap serialnya memiliki beberapa backsong yang berbeda-beda. Backsongnya yang kadang kala mengandalkan beberapa musik klasik dalam berbagai musik dari komposer yang bermacam-macam di dalamnya ini, juga sangat menarik apabila musiknya disesuaikan dengan tatanan perilaku si pemain tokoh yang saling mengejar dan beberapa pertengkaran yang ada di setiap serial kartunnya. Kartun ini juga mengalami pembaruan karakter dan beberapa cerita di dalamnya hingga saat ini.


2. Popeye


            Kartun yang dahulu merupakan komik strip ini, di buat pada tahun 1930 ini, di ciptakan dengan nama thimble theatre, yang sebelum akhirnya di ubah dengan nama "popeye" dan merilis beberapa serial kartunnya hingga sampai saat ini. Kisah yang menceritakan seorang pelaut yang memiliki kekuatan super apabila memakan sayur bayam tersebut, tidak bermain sendiri, ada juga tokoh lain yang sering bersamanya yaitu seorang wanita yang bernama olive. Dimana sang tokoh perempuan tersebut, di dalam ceritanya bertemu sekumpulan orang jahat yang mengganggunya hingga ia ditolong oleh sang pelaut bernama popeye tersebut.


ardywidyak.blogspot.com


               Serial kartun popeye ini, mengalami beberapa perkembangan dibagian perubahan terutama di bagian tempat, dan beberapa setingan hal cerita lainnya. Dan mendapati beberapa penghargaan bergengsi di beberapa acara tertentu. Kartun ini sering di putar di beberapa televisi di seluruh dunia sebagai penghargaan kematian sang pencipta pertamanya yaitu E.C Segar, yang 10 tahun kemudian karyanya dirilis kembali dan didebut kembali ke dalam serial kartun yang ia buat.


3. Adventure Tintin


          Muncul bersamaan dengan munculnya kartun diatas, dimana pertama kali muncul sekitaran tahun 1930-an. Dengan ceritanya yang menceritakan seorang pemuda yang memiliki keahlian di dalam hal memecahkan misteri dan beberapa kasus kriminal, hingga dia harus pergi bertualang untuk memecahkan hal tersebut. Dan dia sering disebut sebagai pahlawan oleh beberapa detektif yang dikenalnya. Dan tidak bermain sendiri juga, ada beberapa tokoh lain yang banyak membantunya di dalam hal memecahkan kasus. 


ardywidyak.blogspot.com


           Kartun ini berkembang dengan segala aspek ceritanya, yang sebelumnya berawal dari beberapa album komik yang di buat oleh penciptanya. Hingga di kembangkan kedalam sebuah kartun animasi yang pada saat itu merupakan hiburan nomor 2 setelah hiburan musik. Kartun ini di adaptasi dari bahasa jerman, yang kemudian setelah perang dunia kedua di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa.


4. Mr. Bean (Animated TV Series)


             Seorang komedian bernama Rowan Atkinson, yang sangat terkenal di beberapa belahan dunia tersebut, memiliki debut di beberapa acara "antomimik" nya, yang melegenda dengan unsur komedi di setiap episode yang di tayangkan. Beliau juga mengikuti beberapa film hollywood dan sempat beradu akting dengan sang tokoh winchun, dengan beberapa serial film movienya yang mempunyai banyak versi.


ardywidyak.blogspot.com


               Namun, sejak terkenalnya dengan serial aktingnya di dalam beberapa episode parodinya, juga di adaptasikan kedalam tokoh kartun yang lucu dan bermula setelah kesuksesannya membintangi produknya sendirinya tersebut. Kemudian didalam kartunnya dia, dia tidak sendiri dengan adanya tokoh lain yang di batasi dengan tempat, cerita dan beberapa masalah yang di hadapi dengan lakon parodinya, yang mirip dengan lakon aslinya.  


5. Scooby doo


          Scooby doo si anjing pintar yang bisa menemukan pelaku kejahatan, dengan berkelana, menyusuri jejak dan mengembara bersama timnya ini, ternyata di rilis dan di tayangkan pertama kali sejak tahun 1969. Kartun yang mendominasi beberapa kejadian aneh dari berbagai sumber ini, juga mempunyai tokoh lain yang terkadang muncul dalam wujud hantu jadi-jadian dan beberapa penghuni tempat angker yang mencurigakan tersebut, pernah terkenal dengan soundtrack lagunya yang mendunia hingga dijadikan maskot di dalam kartunnya. 


ardywidyak.blogspot.com


             Si scooby tidak sendiri, bersama tim detektif dan si tingkah cerobohnya yang bernama shaggy, yang di nobatkan sebagai tokoh kedua yang penakut dan selalu menemukan jalan permasalahan yang datang tiba-tiba secara kejadian yang di hadapi. Dari beberapa kartun yang sudah rilis dalam bentuk animasinya tersebut, selain itu juga ada yang sudah di adaptasi ke dalam sebuah film action di dalam dunia nyata.


6. Rugrats


            Sekumpulan bayi pintar tapi sangat menggemaskan dengan beberapa tokoh yang lucu ini, berisi tentang seorang bayi yang mendapatkan masalah dengan perempuan yang nakal dan suka menjahili tokoh pahlawannya, yang bernama Chakky, dengan perempuannya tersebut yang bernama Angelicca. Kartun ini di rilis pada tahun 1980, dan baru mengeluarkan serialnya di tahun 1991.


ardywidyak.blogspot.com


               Bermacam-macam karakter kartunnya, juga sempat di debut dengan mengadaptasikan tokoh dan tempatnya ke dalam game playstation. Kartun ini sempat juga menuai protes dari beberapa kalangan ibu-ibu, karena menuai pro kontra dan takut terhadap anak-anaknya yang suatu saat di tonton akan mempengaruhi masa depan dan karakter anak-anaknya kelak.

2 komentar:

  1. yang top mah si tom and jerrylah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih suka yah pastinya...Yang saya suka Rugrats,,bayi lincah nan unik ceritanya...Trima kasih dh menginspirasi....

      Hapus