16/03/19

Membuat Suara Mono menjadi Suara Stereo di FL Studio 12

        Seperti artikel sebelumnya, tentang pengenalan membuat automatic clip di fl studio 12. Sekarang saya akan mencoba mendemonstrasikan tentang membuat suara mono menjadi suara stereo menggunakan software fl studio 12 juga. 
           Yang pertama hal yang diperlukan adalah kenapa harus dengan suara mono yang distereokan??kenapa tidak, karena suara yang dihasilkan mempunyai ragam varians, agar suara yang terdengar ramai dan lebih seimbang secara bersamaan.


ardywidyak.blogspot.com


       Yang kedua, suara yang dihasilkan bisa secara lebih dominan dan lebih cenderung tidak monoton dengan latar belakang secara berkesinambungan.


Berikut ini adalah caranya :


1.  Buka software FL Studio 12, kemudian pilih sample, dengan cara klik "sample"=>"open"=>pilih file=>"open". secara keinginan sample yang anda punya atau dipilih secara format .wav/.mp3 untuk mencoba eksperimen. misal satu instrumen musik dalam satu sample, seperti : gitar, strings (violin,cello,contrabass,dll). Dibawah ini saya mengambil contoh menggunakan sample melodi strings.


2. Pilih tanda plus seperti pada gambar dibawah ini, kemudian pilih "sytrus".


ardywidyak.blogspot.com


ardywidyak.blogspot.com


3.  Klik "preset"=>"orchestral"=>"orchestral 1".


ardywidyak.blogspot.com


ardywidyak.blogspot.com


4.  Kemudian ulangi lagi caranya dari cara nomer 1 sampai cara nomer 3. hingga muncul 2 nama sample seperti gambar dibawah ini.


ardywidyak.blogspot.com


5.  Perhatikan 2 tombol di menu sample, atur tombol "balance" sample pertama putar kekiri, kemudian atur tombol "balance" kedua sample kedua putar kekanan.


ardywidyak.blogspot.com


Hingga hasilnya seperti gambar dibawah ini.


ardywidyak.blogspot.com


Like Fanpage


0 komentar:

Posting Komentar