08/03/19

Cara Mengecek Identitas sebagai Mahasiswa Aktif/Non-Aktif secara Online

   Data dari kemenristek merupakan data yang dihimpun secara manual, dimana lembaga,yayasan,universitas,atau perguruan tinggi dikumpulkan secara teratur dan terevaluasi akreditasnya. Agar tidak timbul wujud data yang secara tidak rill di lapangan sesuai dengan penilaian kelulusannya, keaktifannya, dan kededikatifnya di suatu perguruan yang tercantum. Dalam cakupan data tersebut mempunyai identitas kelayakan seperti :


1. Profil PT

2. Profil Prodi

3. Profil Dosen

4. Profil Tenaga Kependidikkan

5. Profil Mahasiswa

6. Penelitian


          Skala universitas misal terbagi menjadi dua komponen nama, seperti perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN). perguruan tinggi swasta mempunyai skala nama unit lembaga, dan suatu nama yayasan, yang didalamnya masih mempunyai organisasi yang masih membutuhkan perizinan negara.

ardywidyak.blogspot.com


        Sedangkan perguruan tinggi negeri mempunyai skala usaha dari kementrian dari republik Indonesia yang diberi wewenang tugas dari kebijakkan koordinasi secara dalam negara, artinya masih dalam peraturan yang disetujui oleh peraturan menteri, yang disahkan dengan rapat internal.


           Nah, disini saya akan membahas cara mengecek identitas sebagai mahasiswa aktif atau non-aktif yang ada didalam data kemenristek secara online, yang sebagian besar hanya secara status manual dan belum sah secara online. Sangat berguna bagi mahasiswa/mahasiswi yang masih menunjang perkuliahan atau sudah dalam masa akhir.


       data secara online itulah sebagai penghargaan secara informasi media online, yang bakal nantinya menjadi sah atau tidak sahnya seorang mahasiswa/mahasiswi menuntut ilmu di perguruan tinggi yang diembannya. Dengan hal tersebut, saya akan menginformasikan bagaimana caranya, seperti hal berikut :


1. Buka halaman website Kemenristek ( Forlap PDDIKTI ) Forlap Dikti.


https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa


2.  Kemudian klik icon menu "Pencarian Data" = "Profil Mahasiswa".


https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa


3. Isikan biodata pribadi anda sesuai dengan kolom yang telah tersedia. Kemudian klik "Cari Mahasiswa".


https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa


4.  Maka akan muncul nama mahasiswa yang sudah diisikan biodata sebelumnya, Kemudian klik "nama mahasiswa" pada kolom yang sudah disediakan.


https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa


5.   Lalu akan muncul halaman yang berbeda.dimana disitu terdapat beberapa opsi "Riwayat Kuliah" dan "Riwayat Studi". Cek beberapa opsi yang sudah saya sebutkan, barangkali bisa lebih mengetahui informasi data status identitas selama perkuliahan.


https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa


Demikianlah beberapa langkah yang bisa anda coba lakukan, semoga bermanfaat...


Trimsss


0 komentar:

Posting Komentar